Bertumbuh, Ep Perdana Aruma Untuk Merayakan Proses Perkembangan Karier Musiknya

0
64

Nama Aruma sebagai salah satu pendatang baru di belantika musik Indonesia tidak bisa dipandang sebelah mata. Lagu perdananya di bawah bendera label Sony Music Entertainment Indonesia sudah diputar lebih dari 168 juta kali di Spotify dan video musiknya pun sudah ditonton 18 juta kali di YouTube. Karena prestasinya tersebut, gadis bernama lengkap Nidewi Aruman ini meraih double platinum dan juga menyabet penghargaan “Pendatang Baru Terbaik Terbaik” dalam Anugerah Musik Indonesia (AMI) 2023. Kini, di tahun 2024, Aruma siap meluncurkan EP pertamanya dengan judul Bertumbuh.

Tentu, bukan tanpa sebab kata ini yang dipilihnya sebagai judul EP. “Bertumbuh itu sebenarnya sebuah ungkapan yang sangat personal buat aku dan terinspirasi dari proses bertumbuhnya sebuah bunga. Mulai dari bibit kecil hingga besar dan berharap bisa mekar dengan baik jika kita terus merawatnya. Begitu juga yang aku rasakan untuk EP pertamaku ini. Apa yang sudah aku capai hingga sekarang merupakan proses aku bertumbuh, mulai dari bergabung dengan label, merilis single perdana, belajar banyak hal di dunia musik, hingga pada akhirnya merilis EP ini.”

Rencananya, akan ada lima lagu di Bertumbuh, yaitu tiga lagu lama (“Muak”, “Ekspektasi”, dan “Hilang Kendali”) serta dua lagu baru (“Rindu Berjatuhan” dan “Tunggulah Sebentar”). Prosesnya sendiri cukup cepat karena lagu-lagu yang terpilih adalah yang sudah rilis, sementara sisanya diambil dari tabungan lagu Aruma. “Kelima lagu ini akan menggambarkan kepahitan hidup, terutama dalam percintaan. Gambaran sesuatu yang jauh dari kehidupan ideal.

Meski begitu, semua lagu aku bungkus dan bawakan dengan nada-nada yang anggun dan manis. Ini tentu memberikan tantangan tersendiri bagi aku, yaitu bagaimana agar semua lagu bisa mengalir menjadi suatu makna yang bisa berdiri sendiri, tapi juga kalau dilihat secara garis besar, memiliki benang merah.”

Perilisan EP Bertumbuh, bagi Aruma, merupakan hal besar pertama dalam karier bermusiknya yang belum terlalu lama. “Jelas, aku deg-degan, tapi juga senang. EP ini merupakan langkah besar pertama dalam proses aku bertumbuh menjadi musisi. Semoga saja perilisan mini album ini bisa menjadi awal yang baik bagi perjalanan musikku di masa yang akan datang. Dan, aku berharap, bisa mempromosikan lagu-lagu di EP ini ke berbagai kota.”

Tidak lupa, Aruma berpesan bagi mereka, para pendengar EP-nya, saat rilis nanti. “Aku berharap, EP ini bisa menjangkau banyak orang dan lagu-laguku menjadi bagian dalam perjalanan hidup kalian. Semoga kelima lagu yang aku bawakan di dalam Bertumbuh bisa menemani teman- teman semua di dalam berbagai proses kehidupan. Senang atau pun sedih, kita akan lewati ini bersama- sama,” tutupnya.

EP perdana Aruma, Bertumbuh, bisa didengarkan di platform streaming digital mulai 23 Februari 2024.