Dapat Jatah 3.100 Dosis Vaksin Pemkab Situbondo Segera Lakukan Penyemprotan Massal Basmi PMK

0
86
Penyemprotan kandang sapi oleh BPBD Situbondo

Situbondo-Penyakit Mata dan Kuku terus menghantui peternak di Kabupaten Situbondo. Saat ini, Pemkab sudah mempersiapkan penyemprotan massal untuk membasmi penyakit mata dan kuku yang menyerang hewan ternak beberapan bulan terakhir ini .

Plt. Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Situbondo, Holil mengaku, Kabupaten Situbondo mendapat jatah 3.100 dosis vaksin PMK untuk tahap pertama. Jumlah vaksin tersebut masih kurang dibandingkan jumlah populasi hewan ternak yang ada.

“Hari ini, (Senin, 27 Jini 2022) kami lakukan rapat persiapan penyemprotan massal hewan ternak untuk mencegah PMK kian meluas,” ujar Holil

Menurut Holil, vaksinasi akan diprioritaskan untuk sapi potong yang sehat dan milik peternak kecil. Karena bantuan vaksin dari pemerintah memang diperuntukkan untuk hewan ternak yang sehat agar tak terjangkit PMK.

BACA JUGA :  Tengah Malam Petugas Gabungan Berjibaku Padamkan Kebakaran Hutan

“Untuk sapi perah akan tervaksin 100 persen, karena jumlahnya hanya 79 ekor, sedangkan alokasi vaksin sapi perah 100 dosis,” tuturnya.

Holil menambahkan, saat ini hewan ternak terpapar PMK di Situbondo sudah mencapai 1000 lebih. Pihaknya sudah mempersiapan vaksinator untuk melaksanakan vaksin hewan ternak secara massal  di  17 Kecamatan.

Dijelaskan, jumlah ternak di Kabupaten Situbondo mencapai 261.832 ekor, rinciannya  hewan ternak sapi potong sebanyak 184.463 ekor, sapi perah 79 ekor, kambing 30.161 ekor dan domba 47.129 ekor.

“Kami sudah menghitung butuh 183. 283 dosis vaksin untuk untuk 70 persen dari jumlah populasi hewan ternak,” terangnya.

Zaini Zain, Melaporkan Untuk Buana Pagi.