Diduga Bersumber Dari Tabung Gas, Dua Rumah Warga Terbakar

0
70
bhasafm
Petugas sedang melakukan proses pemadaman dua rumah warga yang terbakar di Desa Kukusan, Kecamatan Kendit (Foto: Zaini Zain)

Situbondo- Kebakaran dahsyat terjadi di Dusun Krajan RT 001 RW 002, Desa Kukusan, Kecamatan Kendit, Malam minggu kemarin. Dua rumah warga terbakar saat pemilik rumah sedang tertidur. Api diduga berasal dari kompor gas.

Dua rumah warga ini masing-masing milik Ibu Nahya, (60) dan Iwan Budiono. (33). Kebakaran diketahui pertama kali oleh Kosnato yang tak lain saudara sepupu ibu Nahya. Ia mengaku terkejut melihat api  sudah membesar di bagian dapur rumah.

“Saya keluar rumah dan melihat api sudah membesar. Saya langsung berteriak meminta tolong,” ujar Kosnato, Minggu, 10 Oktober 2021.

Spontan, Kosnato meminta Atip anak Ibu Nahya yang sedang tidur di dalam rumah untuk menyelamatkan diri. Warga yang tahu ada rumah terbakar berbegas memadamkan api. Api yang sudah membesar sulit dikendalikan hingga merembet ke bagian belakang rumah Iwan Budiono.

BACA JUGA :  Buruh Tani Tembakau dan Buruh Pabrik Rokok Akan Terima Bantuan Rp 900 Ribu

Beruntung, dua unit mobil pemadam kebakaran segera tiba di lokasi dan langsung melokalisir kobaran api. Petugas langsung melakukan pengasapan untuk mencegah terjadi kebakaran susulan.

Koordinator Pusdalops BPBD Situbondo, Puriyono,  mengatakan, dari dua rumah yang terbakar, kebakaran terparah terjadi di rumah Ibu Nahya hingga rusak total. Sedangkan di rumah Iwan Budiono mengalami rusak ringan.

“Kerugian materi sekitar 80 jutaan. Untuk penyebabnya masih diselidiki aparat kepolisian, tapi dugaan sementara api bersumber dari tabung gas,” ujarnya.

Reporter: Zaini Zain