Dinilai Bisa Matikan Pedagang Peracangan, Mantan Anggota Dewan Kritik Pendirian Korpri Mart

0
144
bhasafm
Korpri Situbondo Luncurkan Usaha Baru Korpri Mart (Foto: Zaini Zain)

Situbondo- Mantan anggota DPRD Situbondo, Narwiyoto, mengkritik  peluncuran Korpri Mart karena dinilai bisa mematikan UMKM. Pendirian Korpri Mart yang diproyeksikan berkembang hingga tingkat Kecamatan, akan menjadi pesain minimarket, sekaligus mengancam keberlangsungan pedagang peracangan.

Menurut Narwiyoyo, memang tidak ada larangan tegas organisasi ASN itu mendirikan unit usaha. Hanya saja pilihan usahanya dinilai tidak tepat  dan tidak berpihak kepada rakyat kecil. Seharusnya, para pejabat dan ASN memikirkan pengembangan UMKM, malah menyerobot dan jadi pesaing usaha rakyat kecil.

“Padahal keberadaan minimarket saat ini sudah sangat dirasakan para pelaku usaha kecil. Ini kan terbalik, mereka (pejabat, ASN) sudah disejahterahkan Negara, seharusnya pejabat kita memikirkan pengembangan usaha rakyat (UMKM,IKM), bukan malah sebaliknya menyerobot usaha rakyat,” katanya

BACA JUGA :  Sempat Dikabarkan Hilang, Nelayan Asal Jangkar Ditemukan Terombang Ambing di Selat Madura

Narwiyoto menilai Bupati Karna Suswandi sudah tepat tidak menghadiri peluncuran Korpri Mart tersebut. Diharapkan ketidak hadiran Bupati itu menjadi signal baik  dan akan tindak lanjuti dengan mengevaluasi terhadap pendirian korpri mart.

“Usaha Korpri Mart diprakarsai pengurus Korpri yang di dalamnya para ASN, pejabat daerah. Ini terjadi konflik interest karena menggunakan fasilitas Negara,” katanya.

Reporter: Zaini Zain