DPC PPP Situbondo Salurkan Bantuan Paket Sembako Bagi PKL Terdampak PPKM Darurat

0
159
bhasafm
Ketua DPC PPP Situbondo, Zeiniye memberikan bantuan paket sembako kepada PKL terdampak PPKM darurat, Rabu, 14 Juli 2021 (Foto: Zaini Zain)

Situbondo- Dewan Pengurus Cabang Partai Persatuan Pembangunan (DPC PPP) Situbondo, memberikan bantuan paket sembako kepada ratusan pedagang kaki lima (PKL, mengingat  para PKL tersebut terdampak langsung penerapan PPKM darurat.

Selama penerapan PPKM darurat, pendapatan para PKL itu berkurang karena diberlakukannya pembatasan jam berjualan. Para PKL menilai bantuan paket sembako  itu sangat meringankan beban hidup mereka di tengah pademi Corona.

“Alhamdulillah PPP Situbondo peduli kepada kami yang terdampak langsung pemberlakuan PPKM darurat,” kata salah seorang PKL di Kantor DPC PPP Situbondo, Rabu, 14 Juli 2021.

Ketua DPC PPP Situbondo, Zeiniye, mengatakan, para PKL penerima bantuan paket sembako yaitu mereka yang berjualan di alun-alun. Sejak adanya aturan PPKM darurat, para PKL itu terdampak langsung karena tak bisa berjualan dengan adanya penyekatan akses ke alun-alun.

“Kami merasakan keluhan mereka. Oleh karena itu, DPC PPP Situbondo ingin berbagi dengan menyalurkan bantuan paket sembako untuk meringankan beban saudara kita para PKL,” katanya.

Zeiniye yang juga anggota DPRD Provinsi Jawa Timur menambahkan,  ada 109 PKL berjualan di alun-alun Situbondo. DPC PPP menyiapkan bantuan paket sembako sebanyak 120 paket untuk disalurkan.

Menurut Zeiniye, tak hanya bagi PKL di alun-alun Situbondo saja, pihaknya akan terus memantau sentra-sentra PKL yang juga mengalami kejadian serupa, yaitu terdampak langsung penerapan PPKM dan tak bisa berjualan,

“Untuk sementara yang kami terima keluhan di alun-alun Situbondo. Kalau ada komunitas PKL  lain juga mengalami kejadian serupa pasti kami akan hadir membantu,” ujarnya.

BACA JUGA :  dr.Dewi Prisca Ungkapkan Ciri Anak Kecanduangan Game Online

Zeiniye mengaku, rentang waktu penerapan PPKM darurat cukup panjang sejak 3 hingga 20 Juli. Belakangan ini ada rencana PPKM akan diperpanjang mengingat lonjakan pasien Covid-19 masih belum bisa dikendalikan.

Oleh karena itu kata Zainiye, DPC PPP Situbondo tak hanya memberikan bantuan paket sembako, melainkan sudah melakukan koordinasi dengan Bupati dan Dinas Koperasi Pemkab Situbondo, untuk mencarikan solusi pasar alternatif bagi PKL agar tetap berjualan.  Salah satu formulasi yang sedang dibahas yaitu menyiapkan pasar online agar para PKL masih bisa berjualan dari rumah.

“Hari ini sedang di godok beberapa opsi salah satunya menyiapkan formulasi pasar online difasilitasi dinas koperasi. Mudahan-mudahan bisa membantu PKL,” ujarnya.

Sementara itu, DPC PPP Situbondo menyalurkan bantuan paket sembako selama dua hari sejak Rabu hingga Kamis untuk menghindari adanya kerumunan.

Penyaluran bantuan di pusatkan di Kantor DPC PPP dengan sistem bertahap. Setiap harinya dibagi menjadi dua sesi yaitu dari pukul 12 hingga pukul 13.00 dan pukul 13.00 hingga pukul 14.00. Setiap sesi penyaluran paket sembako kepada 30 orang PKL secara bergantian.

“Kami menerapkan prokes ketat untuk menghindari kerumunan. Makanya, penyalurannya juga dilakukan secara bertahap dan dibagi menjadi empat sesi selama dua hari tanpa ada kegiatan serimonial,” ucap Zainiye.

Reporter: Zaini Zain