Homestay “Koak” di Kampung Blekok Terbaik Kedua di Jawa Timur

0
278
bhasafm
Home Stay Koak di kawasan wisata kampung Blekok Situbondo terpilih jadi home stay terbaik di ajang East Java Tourism Award di Jawa Timur (Foto: Zaini Zain)

Situbondo- Kabupaten Situbondo tak hanya memiliki sejumlah destinasi unggulan wisata terbaik, namun juga memiliki homestay terbaik yang berada di sekitar lokasi wisata. Buktinya, homestay milik pasangan suami istri Kusnadi dan Helani, menerima penghargaan terbaik di Jawa Timur.

Homestay “Koak” yang berada di sekitar lokasi wisata kampung blekok menerima penghargaan di ajang East Java Tourism Award se Jawa Timur 2021.  Homestay sendiri merupakan tempat penginapan milik warga sekitar lokasi wisata yang disediakan bagi wisatawan asal luar kota maupun wisatawan mancanegara.

Menurut Helani, pemilik homestay “Koak”, dirinya menyediakan homestay sejak 2019 silam,  seiring kian meningkatnya jumlah kunjungan wisata ke kampung blekok. Sebelum pandemi Covid-19 banyak wisatawan menginap di homestay miliknya.

“Dulu sebelum pandemi cukup ramai. Banyak wisatawan dari luar kota menginap di homestay milik saya,” terangnya, Minggu, 13 Februari 2022.

Helani menambahkan, homestay di lokasi wisata kampung blekok memang sangat membantu wisatawan, utamanya bagi mereka yang ingin menyaksikan ribuan burung bangau terbang mengelilingi hutan mangrove di pagi maupun sore hari. Bahkan ada mahasiswa asal luar kota menginap cukup lama, karena sedang melakukan penelitian spesies burung bangau.

BACA JUGA :  30 Tahun Warga Krisis Air Bersih, Pergantian Pemimpin Tak Pernah Ada Solusi

“Lokasi homestay saya kan berada di dekat pintu masuk kampung blekok, jadi sangat nyaman bagi wisatawan. Saya bangga karena homestay saya ini terpilih menjadi homestay terbaik di Jawa Timur,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pariwisata pada Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Pemkab Situbondo, Dian Pramushinta mengatakan, sejumlah lokasi wisata di Situbondo didukung homestay milik warga bagi wisatawan yang akan bermalam. Selain kampung Blekok, ada juga homestay di lokasi wisata plaza rengganis Kecamatan Sumbermalang dan  Taman Nasional Hutan Baluran di Kecamatan Banyuputih.

“Untuk homestay di taman nasional hutan baluran lokasinya berada di Desa Wonorejo, karena desa itu merupakan lokasi terdekat dengan taman nasional Baluran,” terangnya.

Dian menambahkan, selain salah satu homestay di kampung Blekok yang menerima penghargaan 2021, sebelumnya salah satu homestay di Wonorejo juga menerima penghargaan serupa. Salah satu penilaian penghargaan yaitu sarana dan prasana yang tersedia di homestay.

“Untuk homestay di Taman Nasional Hutan Baluran menerima penghargaan 2019 silam. Bagi homestay penerima penghargaan bisa diikutkan ajang lomba serupa di tingkat nasional dua tahun berikutnya,” ujarnya.

Reporter: Zaini Zain