Lantik Kwartir Cabang Pramuka Situbondo, Arum Sabil Berharap Pramuka Jadi Pelopor Kemandirian Pangan

0
83
bhasafm
Pelatinkan Kwartir Cabang dan Lembaga Pemeriksa Keuangan Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Situbondo 2021 – 2026 (Foto: Zaini Zain)

Situbondo- Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur, Arum Sabil melantik pengurus Majelis Pembimbing Cabang, Kwartir Cabang dan Lembaga Pemeriksa Keuangan Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Situbondo 2021 – 2026, di Pendopo Kabupaten Situbondo, Kamis pagi kemarin.

Menurut Arum Sabil, pramuka bukan hanya melaksanakan kegiatan baris berbaris, melainkan memberikan dedikasi  kemandirian. Kehadiran pramuka tidak hanya bermanfaat bagi anggota melainkan harus bermanfaat bagi masyarakat.

“Karakter kemandirian pramuka itu harus terus dijaga agar menghadirkan manfaat bagi masyarakat,” ujarnya ditemui usai pelantikan, Kamis, 10 Februari 2021”

Arum Sabil yang juga dewan Pembina APTR mengungkapkan, bahwa pramuka harus menjadi pelopor kemandirian di bidang pangan.  Saat ini, sudah banyak lahan pertanian berkurang sementara jumlah penduduk terus bertambah.

Pramuka harus mengambil peran menguasai teknologi pertanian dan energy terbarukan. Melalui inovasi berbasis teknologi  keberadaan  lahan yang sempit bisa memiliki tingkat produktivitas tinggi. Selain itu, kedepan perlu adanya inovasi di bidang pertanian, peternakan dan perkebunan.

“Inovasi disini adalah melakukan integrasi antara pertanian, perkebunan dan peternakan. Disinilah pramuka bisa mengambil peran itu,” terangnya.

BACA JUGA :  Operasi Zebra Gunakan Tilang Elektronik, Tujuh Pelanggaran Lalulintas Jadi Sasaran Operasi

Menurut Arum Sabil, Kabupaten Situbondo memiliki kekayaan alam luar biasa. Secara geografis tanahnya sangat cocok untuk tanaman tebu. Oleh karena itu, Pemerintah Belanda saat itu mendirikan banyak sekali pabrik gula di Situbondo.

“Tebu di Kabupaten Situbondo harus terus dijaga karena sebagai icon nasional. Untuk pabrik gula yang sudah mati diserahkan saja kepada pemerintah daerah agar dikelola menjadi tempat edukasi wisata menumbuhkan kembali sangat menanam tebu,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Situbondo,  Karna Suswandi mengatakan, selain harus berperan di bidang  kemandirian pangan,  gerakan Pramuka juga bisa mengambil peran mengatasi permasalahan generasi muda saat ini, mengingat tujuan pendidikan kepramukaan sangat mulia, yaitu membentuk kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, mempunyai kecakapan, taat hukum dan disiplin. Hal itu menjadi  modal untuk terus berkarya dan berbakti.

“Saya berharap dengan pelantikan ini akan memantapkan organisasi, sistem manajemen dan sumber daya, yang mampu membangkitkan kembali gairah kegiatan kepramukaan di tingkat cabang,” ujar Karna Suswandi

Reporter: Zaini Zain