Rumah Sakit Siapkan Tempat Perawatan Antisipasi Overload Pasien Covid-19

0
134
bhasafm
Tabung oksigen di Rumah Sakit Abdoer Rahem Situbondo (Foto: Zaini Zain)

Situbondo- Rumah Sakit Abdoer Rahem  (RSAR) Situbondo, merupakan salah satu rumah sakit rujukan pasien Covid-19. Saat ini, pihak rumah sakit mulai mempersiapakan sarana perawatan medis untuk mengantisipasi terjadinya ledakan pasien baru.

Direktur RSAR Situbondo, Roekmy Parabarini Ario, kepada wartawan mengatakan, pihaknya telah mempersiapkan ketersediaan tempat tidur pasien Covid-19, mengingat terjadi peningkatan jumlah pasien baru beberapa pekan ini.

“Kami berkaca dari kejadian 2021 silam. Saking banyaknya saat itu pasien overload hingga halaman rumah sakit,” ujarnya.

Roekmy menambahkan, pihaknya telah mempersiapkan ketersediaan tempat tidur atau Bed Occupancy Rate (BOR) bagi pasien Covid. Saat ini ada enam pasien sedang di rawat dari jumlah total pasien positif Covid-19 sebanyak 145 orang.

BACA JUGA :  Kapolres Situbondo Pimpin Tradisi Siram Bunga Sambut Anggota Polisi Baru

“Saat ini kami sediakan 10 unit tempat tidur, karena yang dirawat sebanyak enam pasien. Jadi, ketersediaan tempat tidur pasien disesuaikan dengan kebutuhan,” ujarnya.

Roekmy mengaku, selain ketersediaan tempat tidur, pihaknya juga sudah mempersiapkan oksigen, karena biasanya pasien Covid-19 mengalami sesak nafas dan sangat membutuhkan bantuan pernafasan menggunakan oksigen.

“Kami berharap masyarakat harus tertib protokol kesehatan agar penyebaran Covid-19 ini bisa dikendalikan,” tuturnya.

Reporter: Zaini Zain