25 C
Situbondo
Sabtu, Oktober 1, 2022

Lima Bakal Calon Kades Tak Lolos Seleksi Tes Tulis

Situbondo- Sebanyak 15 bakal calon kepala desa mengikuti seleksi tes tulis, Rabu kemarin. Mereka harus melewati seleksi tes tulis, karena bakal calon kades yang mendaftar berjumlah lebih dari lima orang, yaitu delapan bakal calon kepala desa  Kilensari, Kecamatan Panarukan dan tujuh orang bakal calon kepala desa Selomukti, Kecamatan Mlandingan.

Sebanyak 15 bakal calon kades itu mengikuti seleksi tes tulis di kantor Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jawa Timur. Pelaksanaan tes tulis disepakari dilaksanakan di Surabaya, karena BKD memilik perangkat untuk tes tulis menggunakan sistem CBT atau Computer Based Test.

Kepala Dinas Pembedayaan Masyarakat Desa (DPMD), Lutfi Joko Prihatin mengatakan, pelaksanaan tes tulis bagi 15 calon kepala desa berlangsung lancar. Hasilnya, dua bakal calon kades Selomukti tidak lulus sedangkan untuk desa Kilensari sebanyak tiga orang tidak lolos.

“Tidak ada masalah dengan penggunaan CBT karena sebelumnya para bakal calon kades itu sudah dilakukan simulasi,” katanya melalui sambungan seluler, Rabu sore, 14 September 2022.

BACA JUGA :  Setiap Hari Puluhan Warga Padati Lokasi Paralayang di Jatibanteng

Lutfi menambahkan, para bakal calon kades melaksanakan tes tulis sebanyak 100 soal dengan waktu 90 menit. Hasil ujian akan langsung diketahui, karena setiap peserta mengisi jawaban akan langsung terlihat nilainya.

Lutfi mengaku, tes tulis bagi bakal calon kades menggunakan CBT untuk menghindari adanya kecurangan. Bahkan saat ujian berlangsung juga disiarkan secara live streaming di kanal youtube BKD Jatim.

“Dari hasil tes tulis ini yang diambil lima orang dengan cara seleksi hasil rangking nilai.  Maka secara otomatis di desa kilensari ada tiga orang tidal lolos sedangkan desa Selomukti sebanyak dua orang,” ujarnya.

BACA JUGA :  Pemkab Anggarkan Rp 180 Juta Untuk Bantuan Alat Jemur Tembakau

Lebih jauh Lutfi mengatakan, setelah seleksi tes tulis, tahapan selanjutnya yaitu penetapan calon kades dan pengundian nomer urut. Oleh karena itu, Lutfi meminta panitia pilkades segera menentukan jadwal penetapan calon.

“Jadi tahapannya yaitu penetapan calon Kades. Selanjutnya akan dilakukan pengundian nomer urut,” terangnya.

Reporter: Zaini Zain

Related Articles

KOMENTAR

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Stay Connected

22,309FansSuka
3,508PengikutMengikuti
20,100PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles