Lomba Hafalan Ratib Al Haddad

0
492
BhasaFM
Dewan juri ratib al haddad sedang berembuk tentang nilai yang ideal untuk peserta lomba (foto: Reporter Dakwah)

Situbondo- FASTI NQ pada malam kedua, hari Rabu malam Kamis tanggal 11 Maret 2020, adalah perlombaan hafalan ratib al haddad. Seperti pada lomba hafalan tahlil, lomba ini diikuti oleh 12 orang santri. Bacaan ratib ini cukup panjang, jadi butuh waktu yang cukup lama untuk menghafalkannya.

Ratib al haddad merupakan wiridan yang dikarang oleh wali kutub terkemuka pada zamannya, yaitu Al Imam Alwi Bin Alawi Al Haddad. Santri Ponpes Sukorejo seharusnya hafal dengan ratib ini. wasiat Kyai Haji Raden As’ad yaitu santri, dan alumni harus istiqomah baca ratib al haddad, agar menjadi pagar, terhindar dari asah, kalau tani taninya tidak asah, kalau dagangnya tidak asah.

BhasaFM
Santri NQ putra sedang membaca, menghafalkan ratib al haddad, persiapan dalam lomba (foto: Reporter Dakwah)

Menurut dewan juri pada perlombaan ini, ada dua penilaian dalam lomba ini, yaitu fashohah, kelancaran, kemudian irama nada. apabila ada dua nilai yang sama, maka nilai fashohah, kelancaran menjadi penentu nilai tertinggi yang sesungguhnya. Pada setiap bacaan, apabila salah sedikit nilai akan berkurang tiga, namun jika salahnya banyak nilai akan berkurang lima.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.