Minim Anggaran Pembinaan Atlet Situbondo Masih Raih 23 Medali

0
90
bhasafm
Kontingen Situbondo saat mengikuti kirap api obor Porprov VII Jatim 2022 di alun-alun Kabupaten Situbondo (Foto oleh Zaini Zain)

Situbondo- Atlet Kabupaten Situbondo berhasil meraih 23 medali pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VII Jawa Timur 2022, meski anggaran pembinaan atlet sangat minim. Sebanyak 23 medali itu terdiri dari 5 medali emas, 3 medali perak dan 15 perunggu.

Tahun ini Pemkab Situbndo mengalokasikan anggaran Rp. 1,5 miliar untuk KONI Situbondo. Anggaran tersebut diperuntukan untuk pembinaan atlet semua cabang olahraga, biaya operasional hingga pelaksanaan Porprov VII Jatim 2022.

Dibandingkan anggaran pembinaan atlet pada Porprov 2019 silam, anggaran kali jauh lebih kecil karena saat itu anggaranya mencapai Rp. 3 miliar. Padahal pada Porprov 2019 Kabupaten Situbondo hanya menerjunkan 90 atlet untuk beberapa cabang olahraga.

Dengan anggaran Rp. 3 miliar Porprov 2019, Kabupaten Situbondo hanya meraih 4 emas, 1 perak dan 9 perunggu. Sedangkan Porprov 2022, dengan anggaran Rp. 1,5 Miliar, KONI Situbondo menerjunkan 202 atlet untuk 26 Cabor. Hasilnya, atlet Situbondo bisa meraih 5 medali emas, 3 medali perak dan 15 medali perunggu.

Menurut Ketua KONI Kabupaten Situbondo, Deny Wahyu Pribadi, pihaknya sudah berusaha maksimal untuk meraih medali. Ia mengaku bersyukur karena pencapaian medali Porprov 2023 lebih banyak dibandingkan 20219.

BACA JUGA :  Operasi Zebra Gunakan Tilang Elektronik, Tujuh Pelanggaran Lalulintas Jadi Sasaran Operasi

“Alhamdulillah, sebagai tuan rumah kami sudah berusaha maksimal, termasuk pembinaan atlet. Kami juga bersyukur karena penyelenggaran di Situbondo aman dan lancar,” ujarnya kepada wartawan.

Pelaksanaan Porprov VII Jatim di Kabupaten Situbondo berlangsung sejak 25 Juni hingga 2 Juli 2022. Sebanyak 11 Cabor dipertandingkan di sembilan venue, yaitu di Jasalindo Pasir Putih Water Sport untuk tiga cabang olahraga, yaitu renang perairan terbuka, voli pantai dan panjat tebing. Sedangkan di Wisata bahari Pasir Putih berlangsung pertandingan selam atau OBA, dan di wisata Beach Forest menjadi arena pertandingan hoki pasir.

Untuk auditorium SMPN 1 Situbondo dilangsungkan pertandingan cabang olahraga binaraga, angkat besi dan angkat berat. Gedung PGRI menjadi venue cabang olahraga anggar, Gedung Situbondo Sport Center cabang olahraga hoki indoor dan hoki outdoor di Stadion Geora Muhammad Saleh. Untuk pertandingan petanque berlangsung di alun-Alun Situbondo serta GOR Baluran menjadi arena pertandingan cabang olahraga judo.

Reporter: Zaini Zain