Rumah dan Gudang Kerupuk Terbakar, Kerugian Ditaksir Ratusan Juta

0
117
bhasafm
Anggota Polisi dan TNI serta petugas pemadam kebakaran melakukan pendingunan khawatir terjadi kebarakan susulan (Foto oleh Zaini Zain)

Situbondo- Kebakaran dahsyat terjadi di Dusun Bataan RT,RW 01,02, Desa Kalimas, Kecamatan Besuki, Senin sekitar pukul 4 pagi kemarin. Satu rumah dan gudang pabrik kerupuk terbakar saat pemiliknya sedang tidur. Akibat kebakaran ini ditaksir kerugian mencapai ratusan juta.

Satu unit rumah  dan gudang yang terbakar masing-masing milik Niti, (77) dan Hendrik , (59). Saat kejadian pemilik rumah dan gudnag ini sedang tidur.Mereka baru tahu terjadi kebakaran setelah di bangunkan warga. Melihat api sudah membesar, mereka panik  dan bergegas menyelamatkan diri.

bhasafm
space iklan_1

Peristiwa kebakaran ini diketahui pertama kali oleh Amir ketua RT setempat. Api pertama kali terlihat dari guang kayu bakar Bonggol jagung. Melihat api kian membesar, Amir berteriak meminta tolong.

“Saya teriak ada kebakaran. Warga terbangun dan bergegas memadamkan api,” kata Amir, Senin, 18 Juli 2022.

Banyaknya barang mudah terbakar membuat api dengan cepat membesar hingga merembet ke rumah dan gudang kerupuk. Warga sempat bahu membahu memadamkan api dengan peralatan seadanya. Api baru berhasil dipadamkan setelah dua unit mobil pemadam milik Pemkab Situbondo tiba di lokasi.

BACA JUGA :  Pemkab Anggarkan Rp 180 Juta Untuk Bantuan Alat Jemur Tembakau

Kepala pelaksana BPBD Situbondo, Zainul Arifin mengatakan, kebakaran rumah dan gudang membuat warga sekitar panik. Sebagian berusaha memadamkan api, sebagian lagi menghubungi petugas pemadam yang disiagakan di kantor Kecamatan Besuki.

“Mobil pemadam tiba di lokasi 15 menit dari kebarakan dan langsung memadamkan api,” ujarnya.

Zainul Arifin menambahkan, berdasarkan keterangan saksi mata di lokasi kejadian, kebakaran bersumber dari gudang kayu kemudian merembet ke rumah dan gudang kerupuk semi permanen hingga rusak total. Ditaksir kerugian mencapai Rp. 180 juta.

“Alhamdulillah tidak ada korban jiwa. Untuk penyebab pastinya masih dalam penyelidikan aparat kepolisian. Namun hasil keterangan saksi di lokasi bahwa api bersumber dari gudang kayu itu,” tuturnya.

Reporter: Zaini Zain