TNI AL Akan Bangun Pangkalan Kapal Selam di Situbondo

0
28
bhasafm
Sekretaris Daerah Pemkab Situbondo, Syaifullah (Foto: Zaini Zain)

Situbondo- Kawasan pesisir pantai Situbondo rencananya akan dijadikan pangkalan kapal selam. Itu artinya, armada kapal selam TNI Angkatan Laut akan bermarkas di Kabupaten Situbondo.

Pemkab Situbondo dan TNI AL telah melakukan rapat koordinasi (Rakor) di Kantor Pemkab, Selasa kemarin. Selain itu, TNI AL juga sudah melakukan survey sejumlah lokasi yang rencananya akan dibangun menjadi pangkalan kapal selam.

Menurut Sekretaris Daerah Pemkab Situbondo, Syaifullah, materi Rakor bersama TNI AL terkait  rencana pembangunan pangkalan selam. Pemkab Situbondo mendukung rencana TNI AL menempatkan pangkalan selam di Situbondo.

“Ini menyangkut pertahanan Negara. Pemkab memberikan support penuh rencana pembangunan pangkalan kapal selam di Situbondo,” ujarnya, Selasa, 7 Desember 2021.

BACA JUGA :  Hati-Hati, Rawan Pohon Tumbang Di Musim Penghujan

Syaifullah menambahkan, Kabupaten Situbondo memiliki garis pantai terpanjang di Jawa Timur.  Garis pantai Situbondo memiliki ombak relatif cukup tenang dan akan sangat mendukung jadi pangkalan kapal selam.

“Kondisi laut kita sangat mendukung apalagi kawasan pesisir Situbondo sudah sering dijadikan tempat latihan tempur TNI AL, seperti di pasir putih dan Banongan,” ujarnya.

Sementara itu, Wasalog Kasal TNI AL, Laksamana Pertama Rahcmat Hartoyo,  bahwa pihaknya melakukan survey lapangan, untuk menentukan lokasi strategis menjadi pangkalan khusus kapal selam.

“Kami datang ke Situbondo untuk mensurvei lokasi strategis. Selanjutnya akan kami bangun pangkalan khusus kapal selam,” terangnya.

Reporter: Zaini Zain