29.5 C
Situbondo
Rabu, Oktober 5, 2022

1.500 Peserta Meriahkan Pawai Budaya Hari Jadi Besuki ke 258

Situbondo- Pawai budaya nusantara Hari Jadi Besuki (HJB) ke 258 berlangsung meriah, Selasa kemarin. Sebanyak 1.500 peserta mengikuti pawai budaya sejak pagi hingga sore hari. Yang menarik, para peserta menampilkan keragaman budaya nusantara.

Tak ketinggalan, ada juga budaya khas Situbondo serta kostum khas ikonik Madura Sakera dan Marlena. Selain itu, penampilan tari lessong khas Situbondo serta penampilan barongsai menjadi pusat perhatian pengunjung.

Pawai budaya nusantara HJB ke 258 dilepas Wakil Bupati Situbondo Ny. Hj. Khoirani.  Wabup mengaku bangga melihat antusias peserta. Ia meminta agar pawai budaya menjadi agenda rutin tahunan,  untuk melestarikan kekayaan budaya nusantara  sekaligus mengenalkannya kepada generasi millenial.

“Terima kasih kepada pantia yang telah mempersiapkan acara ini. Pawai budaya ini bagus sekali dan bisa menjadi agenda tahunan di Besuki,” ujarnya, Selasa, 13 September 2022.

BACA JUGA :  Pemkab Anggarkan Rp 180 Juta Untuk Bantuan Alat Jemur Tembakau

Pawai budaya dibagi menjadi empat bagian. Untuk pawai pertama diikuti para  siswa SD dan  MI, selanjutnya pawai kedua siswa SMP dan MTs. Untuk siswa SLTA menempati urutan ketiga, selanjutnya ada pawai budaya bagi peserta umum.

Pawai budaya nusantara diawali dengan antraksi barongsai dari depan Koramil Besuki. Selanjutnya diikuti rombongan berkuda, kemudian diikuti peserta pawai lainnya dengan berbagai kostum menarik khas budaya Indonesia dengan desain modern.

BACA JUGA :  30 Tahun Warga Krisis Air Bersih, Pergantian Pemimpin Tak Pernah Ada Solusi

Sebanyak 1.500 peserta pawai melewati rute sepanjang 3 kilometer dan berakhir di alun-alun Besuki. Para peserta juga disediakan spot foto ikonik di kantor eks Karesidenan Besuki.

“Saya senang sekali bisa ikut memeriahkan pawai ini. Saya membawa 50 peserta dengan kostum khas Jawa Timuran. Sampai ketemu HJB tahun depan,” kata Nihar, penggiat media dan LSM Jawara.

Reporter: Zaini Zain

Related Articles

KOMENTAR

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Stay Connected

22,309FansSuka
3,513PengikutMengikuti
20,100PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles