23.5 C
Situbondo
Jumat, Desember 2, 2022

30 Tahun Warga Krisis Air Bersih, Pergantian Pemimpin Tak Pernah Ada Solusi

Situbondo- Salah satu daerah langganan krisis air bersih di musim kemarau adalah Dusun Jambaran di Desa Plalangan, Kecamatan Sumbermalang. Sudah 30 tahun warga di tempat ini selalu mengalami krisis air bersih.

Ironisnya, setiap pergantian pemimpin tak pernah ada solusi konkrit menyelesaikan krisis air bersih ini. Warga hanya mengandalkan bantuan air dari BPBD saat musim kemarau tiba.

bhasafm
Penghargaan Kepala Daerah Inovatif (KDI) 2022 Kategori Pelayanan Publik

Kepala Dusun Jambaran, Saleh mengatakan, sudah ada enam kali pergantian kepala desa di desanya, namun belum ada yang bisa mengatasi masalah krisis air bersih. di Dusun Jambaran ada 2.400 jiwa terdampak krisis air bersih setiap musim kemarau.

“Sudah ada enam kali pergantian kades atau sekitar 30 tahunan Dusun Jambaran ini mengalami krisis air bersih,” katanya.

Saleh berharap akan ada penanganan jangka panjang krisis air bersih tersebut. Setiap musim kemarau, warga harus mengambil air bersih ke tempat lain atau menunggu kiriman air bersih dari BPBD.

BACA JUGA :  Gubernur Khofifah Indar Parawansa Puji Situbondo Ethnic Festival

“Teman-teman BPBD sudah kenal semua dengan warga saya disini, karena setiap tahun mereka rutin mengirim air kesini,” terangnya.

Sementara itu, musim kemarau tahun ini berdampak krisis air bersih di delapan dusun yang tersebar di empat desa. Ada 1.772 kepala keluarga (KK) terdampak krisis air bersih. Setiap hari BPBD mengirimkan air bersih secara bergantian untuk menopang kebutuhan warga sehari-hari.

BACA JUGA :  Gubernur Khofifah Indar Parawansa Puji Situbondo Ethnic Festival

Delapan dusun mengalami krisis air bersih yaitu Dusun Tengah, Dusun Jambaran Barat dan Dusun Timur, Desa Plalangan, Kecamatan Sumbermalang. Dusun Jerukan, Desa Selomukti, Kecamatan Mlandingan. Dusun Sokaan Bara dan, Dusun Sokaan Timur, Desa Gunung Putri, Kecamatan Suboh. Dusun Bendusa dan Dusun Polay Desa Jatisari, Kecamatan Arjasa.

Reporter: Zaini Zain

Related Articles

KOMENTAR

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Stay Connected

22,309FansSuka
3,590PengikutMengikuti
20,300PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles