Api Obor Porprov VII Jatim 2022 Dikirab Keliling Situbondo

0
28
bhasafm
Wakil Bupati Situbondo, Ny. Hj. Khoirani menerima api obor Porprov VII Jatim 2022 (Foto oleh Zaini Zain)

Situbondo- Api obor Pekan Olahraga Provinsi (Porprov VII) Jawa Timur 2022, Selasa pagi kemarin. Sebagai tuan rumah pelaksanaan Porprov,  Pemkab langsung melakukan kirab api obor bersama maskot SiBabal berkeliling Situbondo.

Sepanjang perjalanan, warga antusias menyambut pawai api obor tersebut. Setelah seharian dikirab, selanjutnya api obor di bawa dua atlet berprestasi asal Situbondo ke Pendopo Kabupaten. Api obor diterima Wakil Bupati Ny. Hj. Khoirani.

Api obor Porprov Jatim diambil dari dari Gunung Ijen Bondowoso pada 19 Juni 2022. Ada empat Kabupaten menjadi tuan rumah Porprov, yaitu Kabupaten Situbondo, Bondowoso, Jember dan Lumajang. Selain dikirab di Situbondo, api obor juga dikirab di tiga Kabupaten lainya.

Sekretaris Daerah Pemkab Situbondo, Syaifullah mengatakan, hari pertama kirab api obor dilakukan ke wilayah timur. Setelah satu malam diinapkan di Pendopo Kabupaten, hari ini akan dikirab ke wilayah barat sekaligus akan diserahkan kepada panitia besar Porprov VII Jatim 2022 untuk di bawa ke Kabupaten Lumajang. Api obor akan diserahkan di perbatasan Situbondo-Probolinggo atau di Kecamatan Banyugulur.

“Kirab api obor ini pertanda akan dimulainya event olahraga paling akbar di Jawa Timur. Kami sebagai salah satu tuan rumah mendapat giliran melakukan pawai api obor bersama maskot SiBabal,” teranya, Selasa, 21 Juni 2022.

BACA JUGA :  Ekspresi Kemenangan Peraih Medali Emas

Syaifullah juga menjelaskan arti maskot SiBabal yang  merupakan singkatan dari Si Banteng Baluran. Dengan maskot tersebut diharapkan para atlet Situbondo memiliki semangat juang yang tinggi mengukir prestasi.

“Mohon doanya masyarakat Situbondo agar pelaksanaan Porprov  di Situbondo berjalan sukses. Sukses penyelenggaraannya dan sukses atletnya meraih prestasi,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua KONI Situbondo, Deny Wahyu Pribadi mengatakan, pelaksanaan Porprov VII Jatim 2022 di Kabupaten Situbondo akan berlangsung sejak 26 Juni hingga 2 Juli 2022 mendatang. Dari 47 cabang olahraga yang diperlombakan, ada 11 cabang olahraga dipertandingkan di Kabupaten Situbondo, yaitu voli pantai, panjat tebing, renang perairan terbuka (open water swimming OWS), selam (OBA), hoki pantai (indoor,outdoor),angkat berat, binaraga, anggar dan  petanque.

“Dari 47 Cabor yang dipertandingkan di arena Porprov, Kabupaten Situbondo menerjunkan 202 atlet untuk 26 cabang olahraga. Mudahan-mudahan pelaksanaan Porprov di empat Kabupaten sukses,” ujarnya.

Reporter: Zaini Zain