Pelaku UMKM Situbondo Turut Sukseskan Porprov VII Jatim 2022

0
70
bhasafm
Wakil Bupati, Ny. Hj. Khorani saat melihat gebyar UMKM gazebo alun-alun Situbondo (Foto oleh Zaini Zain)

Situbondo- Opening Pekan Olahraha Provensi (Porprov VII) Jawa Timur 2022 di Kabupaten Situbondo telah dimulai. Selain diawali dengan kirab api obor, Wakil Bupati Situbondo Ny. Hj. Khoirani, juga membuka gebyar Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di depan pendopo Kabupaten, Selasa sore kemarin.

Wabup menjelaskan, ada puluhan pelaku UMKM Situbondo siap turut mensukseskan pelaksanaan Porprov. Pemkab menginginkan pelaksanaan Porprov di Situbondo akan mendorong kebangkitan pelaku UMKM pasca pandemi Covid-19.

“Kami berharap akan ada perputaran ekonomi saat pagelaran Porprov ini berlangsung,” kata Wakil Bupati Ny. Hj. Khoirani, saat membuka gerbyar UMKM, Selasa, 21 Juni 2022.

Menurut Wabup, gebyar UMKM berlangsung selama dua hari di alun-alun Situbondo. Setelah itu, para pelaku UMKM akan disebar di sejumlah venue pelaksanaan Porprov VII Jatim 2022 di Situbondo,  Dari 47 cabang olahraga yang di perlombakan di ajang Porprov,  sebanyak 11 cabang olahraga diantaranya diselenggarakan di Kabupaten Situbondo.

Khoirani menambahkan, Pemkab Situbondo telah bekerja maksimal untuk menyukseskan pelaksanaan Porprov. Ada tiga target yang harus dicapai selama Porprov berlangsung sejak 26 Juni hingga 2 Juli 2022 mendatang, yaitu sukses pelaksanaan Porprov, sukses prestasi para atlet dan sukses perputaran roda ekonomi masyarakat.

BACA JUGA :  DPRD Optimis Pengesahan APBD 2023 Tepat Waktu

“Kami menyiapkan tempat bagi pelaku UMKM di setiap venue yang akan jadi tempati para atlet dari berbagai daerah di Jawa Timur bertanding di Situbodo,” tuturnya.

Lebih jauh Wabup menyatakan, ada 63 pelaku UMKM dilibatkan dalam gebyar ini, mulai dari penjual makanan dan minuman, kuliner hingga kerajinan. Produk UMKM yang terlibat semuanya sudah memiliki izin dan terjamin kualitasnya, karena sebagian produk sudah di ekspor maupun masuk market place dan minimarket.

Data yang diterima Bhasa menyebutkan. Dari 11 Cabang Olahraga yang akan berlangsung di Situbondo, akan menempati sebanyak sembilan venue yaitu di Jasalindo Pasir Putih Water Sport Kecamatan Bungatan, wisata Bahari Pasir Putih, Beach Forest Desa Klatakan Kecamatan Kendit, Auditorium SMPN 1 Situbondo, Alun-Alun Kota Situbondo, Gedung PGRI, Gedung Situbondo Sport Center, GOR Baluran  dan Stadion Gelora Muhammad Saleh.

Reporter: Zaini Zain