Apresiasi Bungatan Fishing Tourism, Bupati Situbondo Dukung Ada Event Mancing Mania Nusantara

0
34
bhasafm
Bupati Situbondo Karna Suswandi saat membuka acara Bungatam Fishing Tourism, Minggu, 28 November 2021 (Foto: Zaini Zain)

Situbondo- Bupati Situbondo Karna Suswandi membuka acara Bungatan Fishing Tourism di pantai Bletok Kecamatan Bungatan. Bupati mengaku mengapresiasi kegiatan mancing mania dan memberikan support agar tahun depan kegiatan mancing mania lebih besar lagi menjadi mancing mania nusantara.

Acara Bungatan Fishing Tourism diisi beberapa rangkaian kegiatan, mulai acara senam komunitas, lomba mancing, pembagian sembako serta ada kegiatan otlet penjualan bagi produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Menurut Bupati Situbondo, Karna Suswandi, kegiatan merupakan bentuk kreativitas Camat dan pemerintah desa untuk mengenalkan potensi daerahnya. Kedepan, kegiatan mancing mania tidak hanya berskala lokal maupun regional, melainkan harus jadi event mancing nusantara.

“Harus ada evenet lebih besar lagi menjadi event mancing  berskala nasional. Nanti kita support agar kegiatan ini lebih besar lagi. Kami mohon kerjasama dengan pihak-pihak yang telah mendukung kegiatan ini,” terangnya.

Bung Karna menambahkan, Kabupaten Situbondo memiliki garis pantai 150 kilometer terpanjang di Jawa Timur. Potensi laut Situbondo harus terus digaungkan agar bisa dikenal luas masyarakat Indonesia. Selain event mancing nusantara, nanti bisa digelar event kopi nusantara dan event tembakau nusantara.

BACA JUGA :  Hati-Hati, Rawan Pohon Tumbang Di Musim Penghujan

“Kopi kita sangat dikenal. Begitu juga dengan tembakau kayumas dan tembakau tambeng. Ini perlu terus di branding agar potensi kita bisa meningkatkan perekonomian masyarakat,” terangnya.

Sementara itu, Camat Bungatan,Jupri Setyo Utomo, mengatakan bahwa kegiatan mancing mania ini diikuti 40 peserta dari berbagai daerah luar kota. Peserta mancing dibatasi karena masih suasana pandemi.

“Secara bersamaan juga ada kegiatan bersama BPJS tenaga kerja. Ada 250 nelayan Kecamatan Bungatan didaftarkan BPJS tenaga kerja gratis diambilkan dari kegiatan mancing mania ini,” terangnya.

Jupri menambahkan, pantai Bletok dikelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Sejauh ini, keberadaan pantai Bletok cukup ramai jadi rest area wisata, karena lokasinya berada di tepi jalan pantura Situbondo-Surabaya. Pihak Kecamatan dan BUMDes sudah merumuskan untuk menjadikan pantai Bletok sebagai sport center mancing mania. Selain lokasinya berada di tepi jalan pantura, keberadaan pantai Bletok sangat strategis karena  masih berdekatan dengan objek wisata pasir putih.

“Alhamdulillah, Pak Bupati juga sangat mensupport kegiatan ini dan kami berencana akan menjadikan pantai Bletok ini menjadi sport mancing mania untuk mewadahi para penghobi mancing,” ujarnya.

Reporter: Zaini Zain