24.1 C
Situbondo
Sabtu, Januari 28, 2023

Bawaslu Situbondo Launching Gakkumdu Siap Sukses Pemilu

Situbondo- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Situbondo, menggelar launching kesiapan sentra penegakan hukum terpadi (Gakkumdu), di hotel San Sui, Selasa kemarin. Launching dilanjutkan dengan kegiatan sosialiasi menghadirkan mantan Ketua Bawaslu RI, Abhan.

bhasafm
Situbondo Bersholawat – Jum’at 16 Desember 2022 19.00

Sosialisasi Gakkumdu melibatkan Kejaksaan Negeri Situbondo, Polres dan Polsek jajaran serta Koramil. Melalui kegiatan launching ini, Gakkumdu siap mensukseskan pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang.

Menurut Ketua Bawaslu Kabupaten Situbondo, Murtapik bahwa kehadiran Gakkumdu sangat penting yaitu untuk mengatasi dugaan pelanggaran tindak pidana pemilu yang terjadi saat proses Pemilu berlangsung.

“Sentra Gakkumdu siap melaksanakan tugas dan tanggungjawab untuk menangani tindak pelanggaran pemilu,” ujarnya, Selasa, 6 Desember 2022.

Pria yang akrab dipanggil Lopa itu menjelaskan bahwa Sentra Gakkumdu merupakan gabungan terdiri dari Bawaslu, Kepolisian dan Kejaksaan. Kejaksaan dan kepolisian bertugas mendampingi Bawaslu menyelesaikan permasalahan pemilu atau sengketa proses selama pemilu.

BACA JUGA :  Kondisi Mengantuk, Mobil Travel Alami Kecelakaan Di Hutan Baluran

“Pelanggaran Pemilu harus dilaporkan kepada Bawaslu, tidak bisa melalui kepolisian maupun kejaksaan,” tuturnya.

Sementara itu, Wakapolres Situbondo, Kompol Pujiarto menegaskan, bahwa Gakkumdu ibarat wasit dalam sebuah pertandingan. Oleh karena itu, ia berpesan agar Gakkumdu menjaga netralitas dan independensinya, sehingga memberikan rasa keadilan dalam setiap keputusannya.

BACA JUGA :  Kondisi Mengantuk, Mobil Travel Alami Kecelakaan Di Hutan Baluran

“Di lapangan proses pemilu itu dinamis. Bawaslu harus terus melalukan sosialisasi pencegahan terjadinya pelanggaran pemilu. Kalau ternyata nantinya ada laporan pelanggaran, diadili sesuai ketentuan yang berlaku,” terangnya.
Reporter: Zaini Zain

Related Articles

KOMENTAR

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Stay Connected

22,309FansSuka
3,683PengikutMengikuti
20,500PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles