Berkunjung ke Galery Akar Dewa Jati, Buyer Amerika Pesan Kerajinan Erosi Untuk Pemeran

0
49
bhasafm
Warga Negara Asing (WNA) asal Amerika saat melihat galeri kerajinan Akar Desa Jati di Kecamatan Kendit Situbondo (Foto: Zaini Zain)

Situbondo- Pengrajin handicraft akar dewa jati memang sudah kesohor di luar negeri, karena salah satu pengekspor kerajinan ke berbagai negara di Asia, benua Eropa dan Amerika. Kali ini, Buyer asal Amerika mengunjungi galeri Akar Dewa jati di Dusun Karanganyar, Desa Kendit, Kecamatan Kendit. Mereka memesan produk kerajinan untuk diikut sertakan pada acara pameran di negeri paman Sam tersebut.

Owner UD Akar Dewa Jati, Innani mengatakan, buyer dari Amerika datang memesang barang berupa kerajinan erosi, yaitu jenis kerajinan alami dan abstrak. Konon, pemesanan barang tersebut untuk dipasarkan pada acara pameran di negerinya.

“Buyer Amerika tahu usaha kerajinan kami dari marketplace. Alhamdulillah, usaha kami tetap jalan meski pengiriman barang ke luar negeri masih sedikit-sedikit,” ujarnya, Minggu, 24 Oktober 2021.

Innani menambahkan, selain mengirim barang ke Amerika, dirinya juga sedang mengekspor pesanan kerajinan ke Prancis. Selama pandemi Covid-19, dirinya terbantu pemasaran melalui online. Banyak buyer dari luar negeri mengenal usahanya melalui pasar online.

BACA JUGA :  Novita, Loper Koran Pertama di Situbondo Gunakan Motor Listrik

“Dampak pandemi sangat luar biasa. Ada penurunan ekspor barang ke luar negeri selama pandemi. Selain karena adanya aturan-aturan ekspor barang di negara tujuan, banyak buyer tak bisa datang ke Indonesia karena PPKM,” terangnya.

Saat banyak pelaku UMKM gulung tikar, Innani mengaku usahanya terbantu Marketplace.  Melalui platform marketplace  tersebut masih banyak pembeli lokal maupun dari luar negeri memesan kerajinan. Untuk pemesan melalui marketplace yang sudah rutin berasal dari Malaysia, Singapura dan Filipina.

“Setiap hari selalu ada pengiriman barang baik di dalam negeri maupun ke luar negeri meski jumlahnya terbatas. Yang penting usaha kami jalan dan para pekerja tidak dirumahkan. Artinya kami tetap berproduksi dan bisa bayar pekerja,”katanya.

Sebagaimana diketahui, UD Akar Dewa Jati termasuk pelaku UMKM yang tetap eksis mengekspor kerajinan ke luar negeri selama pandemi. Buktinya, Dinas Koperasi dan UMKM Pemprov Jatim menetapkan UD Akar Dewa Jati  sebagai juara 1 wirausaha orientasi ekspor 2021.

Reporter: Zaini Zain