23.5 C
Situbondo
Jumat, Desember 2, 2022

Brimob Polda Jatim Turut Amankan Pilkades

Situbondo- Polres Situbondo menerjunkan 1.065 personil mengamankan pelaksanaan pemilihan kepala desa serentak di 17 Desa di Situbondo hari ini. Personil pengamanan yang diterjunkan cukup banyak, mengingat pelaksanaan Pilkades saat ini menggunkan TPS atau Tempat Pemungutan Suara.

Pengamanan Pilkades serentak Kamis 6 Oktober 2022, di-back up langsung Polda Jawa Timur. Ada 100 pasukan Brimob Polda Jatim diterjunkan ke Kabupaten Situbondo. Selain itu, pengamanan juga dibantu personil polisi dari Polres Bondowoso, Banyuwangi, Probolinggo dan Lumajang.

Kapolres Situbondo,AKBP Andi Sinjaya, ditemui usai memimpin apel pasukan mengatakan, semua personil polisi telah digeser ke masing-masing desa yang akan melangsung Pilkades. Mereka akan melakukan pengamanan mulai distribusi logistik ke TPS hingga pasaca penghitungan suara.

“Ingat, tugas dan tanggung jawab kalian mengamankan Pilkades. Jangan tinggalkan TPS sebelum penghitungan suara selesai,” ujarnya, Rabu, 5 Oktober 2022.

Kapolres menambahkan, personil Polres Situbondo yang diterjunkan sebanyak 734 personil. Selebihnya dibantu anggota polisi dari beberapa Polres lain termasuk pasukan Brimob Polda Jatim sebanyak 100 personil.

BACA JUGA :  Lomba Explore Merak-Baluran Ditutup, 600 Lebih Karya Terkumpul

Kapolres meminta agar pengamanan Pilkades dilakukan sesuai prosedur, yaitu bersikap humanis dan bersikap tegas. Para anggota disarankan bersinergi dengan pemerintah desa, serta harus mengenal karakteristik masing-masing desa.

“Tidak perlu membawa senjata api serta peralatan lainnya yang tidak diperlukan dalam pengamanan. Jaga marwah institusi dan citra Kepolisian,” pesanya.

Sementara itu. Sebanyak 17 Desa yang akan melangsungkan Pilkades serentak hari ini, yaitu Desa Kendit dan Desa Tambak Ukir, Kecamatan Kendit. Desa Kilensari Kecamatan Panarukan. Desa Kotakan Kecamatan Situbondo,  Desa Sliwung dan Klampokan, Kecamatan Panji.  Desa Semiring Kecamatan Mangaran.  Desa Curah Tatal Kecamatan Arjasa. Desa Pesangrahan Kecamatan Jangkar. Desa Wringinanom Kecamatan Asembagus. Desa Sumberejo Kecamatan Banyuputih. Desa Kalisari Kecamatan Banyuglugur, Desa Curahsuri, Kecamatan Jatibanteng. Desa Sumberejo, Kecamatan Besuki.  Desa Sumberargo, Kecamatan Sumbermalang dan Desa Selomukti, Kecamatan Mlandingan.

BACA JUGA :  Bupati Situbondo Berlakukan Indeks Kepuasan Publik Ukur Kinerja Pemkab

Reporter: Zaini Zain

Related Articles

KOMENTAR

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Stay Connected

22,309FansSuka
3,590PengikutMengikuti
20,300PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles