Bupati Situbondo Buka Kegiatan Expo Batik Nusantara dan IKM

0
31
bhasafm
Bupati Situbondo Karna Suswandi mengunjugi stand batik (Foto: Zaini Zain)

Situbondo- Bupati Situbondo Karna Suswandi membuka “Expo Batik Nusantara dan IKM” di GOR Baluran Jalan PB Sudirman Situbondo, Senin pagi kemarin.  Kegiatan Expo Batik Nusantara diharapkan jadi penggerak percepatan ekonomi bagi pelaku  Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di masa pandemi.

Menurut Bupati Karna Suswandi, pandemi Covid-19 berdampak langsung terhadap pelaku UMKM. Umumnya, para pengrajin batik dan Industri Kecil Menengah seperti kuliner dan kerajinan omsetnya menurun karena minimnya transaksi penjualan.

“Dimasa pandemi seperti ini dimana semua UMKM kita mengalami penurunan omset karena minimnya transaksi jual beli. Saya menggagas kegiatan ini agar pengrajin batik dan pelaku IKM menggeliat kembali,” katanya, Senin, 13 Desember 2021.

bhasafm
PUKUL GONG – Bupati Situbondo Karna Suswandi membuka Expo Batik Nusantara dan IKM di GOR Baluran, Senin 13 Desember 2021 (Foto: Zaini Zain)

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan Pemkab Situbondo, Edy Wiyono mengatakan, Expo Batik Nusantara diikuti 30 pengrajin batik dan IKM. Selain pengrajin batik, ada juga pengrajin kayu dan kerajinan tangan lainnya serta kuliner.

“Expo Batik Nusantara diikuti berbagai pengrajin batik dari berbagai Kabupaten,Kota, seperti Kabupaten Pasuruan, Pamekasan, Jember, Bondowoso dan Banyuwangi serta  sejumlah kabupaten lainnya,” katanya.

BACA JUGA :  Kakak Beradik Ditabrak Truk, Adik Meninggal Kakak Selamat

Wiyono menambahkan, Sebenarnya banyak pengrajin batik mendaftar ingin mengikuti Expo Batik Nusantara.   Namun karena masih pandemi peserta dibatasi karena kondisi ruangan di GOR Baluran tak bisa menampung banyak pengrajin.

“Kondisi gedungnya juga tak menampung banyak pengrajin karena harus ditata berjauhan. Nanti kalau pandemi ini berakhir kita akan gelar kegiatan semacam ini lebih besar lagi,” terangnya.

Wiyono mengatakan Expo Batik Nusantara akan berlangsung selama tiga hari, sejak 13 hingga 15 Desember 2021. Selain itu, kegiatan expo batik nusantara juga diisi berbagai kegiatan seperti lomba mewarnai bagi siswa PAUD, lomba menyanyi bahasa Madura serta kegiatan kesenian lainnya.

“Ada beberapa kegiatan lainnya kesenian bisa dinikmati oleh pengunjung. Selama berkunjung ke expo batik nusantara para pengunjung harus mengenakan masker,” ujarnya.

Reporter: Zaini Zain