Expo Batik Nusantara Akan Jadi Kalender Event Pemkab Situbondo

0
200
bhasafm
ANGGUN- Seorang model terlihat anggun berbalut busana batik khas Situbondo pada acara Expo Batik Nusantara dan IKM (Foto: Zaini Zain)

Situbondo- Bupati Situbondo Karna Suswandi ingin memasukan kegiatan “Expo Batik Nusantara” dalam  kalender event Pemkab Situbondo. Bupati menilai kegiatan ini sangat bagus untuk mengembangkan industri batik dan pelaku UMKM lainnya.

Menurut Bupati Karna Suswandi, Expo Batik Nusantara diharapkan jadi daya ungkit percepatan pemulihan ekonomi di masa pandemi. Para peserta juga sangat antusias karena menilai event ini tidak hanya jadi ajang transaksi bisnis melainkan jadi sarana edukasi.

“Para peserta antusias setelah sekian lama terjadi kelesuan ekonomi. Kegiatan Expo Batik Nusantara ini diharapkan jadi sarana edukasi meningkatkan kualitas kerajinan batik,” terangnya, Senin, 13 Desember 2021.

Bupati yang akrab dipanggil Bung Karna itu menambahkan, bahwa pertemuan antara pengrajin batik, akan meningkatkan kreativitas para pembatik. Mereka bisa saling melihat hasil kerajinan sekaligus bisa menilai keinginan pasar saat mengikuti acara expo.

BACA JUGA :  Polres latih Linmas Jelang Pelaksanaan Pilkades Serentak

“Para pengrajin batik akan lebih bersemangat meningkatkan kualitasnya. Dengan melihat hasil kerajinan batik dari daerah lain akan tumbuh kreativitas baru untuk mendesain batik lebih bagus lagi,” tuturnya.

Bung Karna juga sangat mengagumi kerajinan batik di acara expo. Saat mengunjung stand batik, Bung Karna bersama sang istri Hj. Juma’ati membeli satu persatu kain batik. Peragaan busana batik saat acara pembukaan expo juga sangat memukau.

Menurutnya, kalau pandemi sudah berakhir, Pemkab telah menyiapkan banyak sekali event di Situbondo. Selain event berskala nasional, ada juga event-event lokal yang bisa digelar setiap Sabtu dan Minggu.

“Mudah-mudahan pandemi akan cepat sehingga Pemkab akan lebih banyak lagi menggelar kegiatan event. Pemkab telah menyiapkan banyak event untuk menumbuhkan roda perekonomian masyarakat,” pungaksnya.

Reporter: Zaini Zain