Dapur Umum Pemkab Situbondo Siapkan 680 Makanan Bagi Pengungsi Korban Erupsi Gunung Semeru

0
60
bhasafm
Foto dapur umum pemkab situbondo di kabupaten Lumajang (Foto: Zaini Zain)

Situbondo- Dapur umum Pemkab  Situbondo di lokasi erupsi gunung Semeru Kabupaten Lumajang, melayani ratusan warga yang saat ini masih berada di tempat pengungsian. Setiap hari, dapur umum Pemkab menyiapkan 680 nasi bungkus bagi korban erupsi gunung semeru.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Situbondo, Zainul Arifin mengatakan, dapur umum Pemkab Situbondo menyiapkan makanan bagi ratusan warga Desa Sumberwuluh Kecamatan Candipuro, yang saat ini mengungsi di balai desa Jurit berjarak sekitar 12-15 kilometer dari gunung Semeru.

bhasafm
Foto dapur umum pemkab situbondo di kabupaten Lumajang – Penyerahan bantuan (Foto: Zaini Zain)

“Pemerintah Kabupaten Situbondo bergerak membantu penanganan tanggap darurat bencana alam erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang dengan mendirikan dapur umum selama seminggu, dimulai sejak 6 hingga 13 Desember 2021,” ujarnya.

Zainul menambahkan ada 25 personel bertugas di dapur umum, terdiri dari 15 orang dari Dinas Sosial, 10 orang dari Pusdalop BPBD dan 2 orang petugas kesehatan.

BACA JUGA :  Pemkab Situbondo Akan Libatkan Aparat Awasi Distribusi Pupuk Bersubsidi

“Tidak ada kendala penyaluran nasi-nasi bungkus kepada para pengungsi karena ada banyak relawan ikut membantu,” katanya.

Lebih jauh Zainul mengatakan, bahwa masa tanggap darurat bencana erupsi gunung semeru sejak 4 Desember hingga 3 Januari 2022. Pemkab berencana akan memperpanjang pendirian dapur umum untuk membantu para korban. Tak hanya menyiapkan makanan, para personel juga ikut membantu warga mengevakuasi barang-barang dari rumah yang tertutup debu vulkanik.

“Masa tanggap darurat ditetapkan BNPB. Kita lihat perkembangan karena disini (BPBD Situbondo) banyak bantuan dari berbagai untuk disalurkan,” terangnya.

Reporter: Zaini Zain