Investor Asal Jepang Akan Kembangkan Energi Terbarukan di Situbondo

0
111
bhasafm
Bung Karna bersama investor asal Jepang (Foto oleh Zaini Zain)

Situbondo- Kerja keras Bupati Situbondo Karna Suswandi dan Wakil Bupati Ny. Hj. Khoirani selama setahun ini tampaknya mulai membuahkan hasil. Kali ini, investor asal Jepang melirik dan berencana akan mengembangkan energi terbarukan di Kabupaten Situbondo.

Investor asal Jepang  akan menjadikan Kabupaten Situbondo sebagai project tanaman pohon Kaliandra pengganti batubara. Saat ini, investor asal Jepang tersebut sudah mengambil sampel tanah dan akan melakukan penanaman percontohan pohon Kaliandra.

Investor asal Jepang, Hayashi San menilai bahwa tanah di Kabupaten Situbondo sangat cocok ditanami pohon Kaliandra sebagai pengganti batubara. Pasokan tanaman Kaliandra ke Jepang sangat dibutuhkan, mengingat pemerintah Jepang telah membuat aturan akan mengganti penggunaan batubara dengan pohon Kaliandra.

“Kami sudah keliling Situbondo dan menemukan pohon Kaliandra itu hidup di tempat ini. Itu artinya daerah ini cocok ditanami pohon kaliandra,” ujarnya, Jum’at, 25 Februari 2022, usai bertemu Bupati Situbondo di pendopo Kabupaten.

Hayashi menambahkan pohon Kaliandra tidak membutuhkan waktu untuk menghasilan energi, karena butuh waktu setahun untuk di panen. Saat ini, Pemerintah Jepang akan mulai mengurangi penggunaan batubatara sejak 2030 mendatang.

BACA JUGA :  Sudah 1.700 Peserta Beli Tiket Gowes DMI Bersama Kiai Azaim Ibrahimy

“Tahun 2030 akan dilakukan pengurangan penggunaan batubara sebanyak 40 persen dan 2050 sudah tidak gunakan lagi batubatara. Sebagai gantinya yaitu tanaman pohon Kaliandra ini,” terangnya.

Sementara itu, Bupati Situbondo Karna Suswandi menyambut baik rencana investor asal Jepang tersebut.  Apalagi, penanaman pohon Kaliandra akan memanfaatkan lahan pegunungan yang umumnya kurang produktif. Ia berharap, masuknya investor ke Situbondo akan membuka banyak lapangan pekerjaan.

“Kalau banyak lapangan pekerjaan tentu angka pengangguran akan berkurang dan masyarakat akan lebih sejahtera,” ujarnya.

Karna Suswandi menambahkan, pengusaha asal Jepang itu mengaku sudah berkeliling ke sejumlah negara termasuk ke Thailand. Hasilnya, Kabupaten Situbondo dipilih karena dinilai tanahnya lebih cocok untuk pengembangan pohon Kaliandra. Disamping akan digunakan sebagai pengganti batubara, tanaman pohon Kaliandra juga akan diproduksi menjadi pakan ternak mulai dari daun sampai batangnya.

“Mohon do’anya mudah-mudahan investasi tanaman pohon kaliandra ini bisa memberi manfaat untuk masyarakat, salah satunya yaitu mengurangi angka pengangguran,” pungkasnya.

Reporter: Zaini Zain