Jembatan Penghubung Antar Desa Ambrol, Bupati Minta Segera Bangun Jembatan Darurat

0
227
bhasafm
Bupati Situbondo Karna Suswandi saat meninjau jembatan ambrol (Foto oleh Zaini Zain)

Situbondo- Bupati Situbondo, Karna Suswandi meninjau langsung lokasi jembatan ambrol, di Dusun Kesambirampak, Desa Gunung Malang, Kecamatan Suboh, Kabupaten Situbondo. Jembatan ambrol Kamis sekitar pukul 9 pagi, karena konstruksi bangunannya sudah rapuh karena usia.

Jembatan penghubung antar desa itu merupakan satu-satunya akses jalan menuju Desa Gunung Putri. Bupati Karna Suswandi memerintahkan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) berkolaborasi dengan pemerintah desa setempat untuk membangun jembatan darurat, agar akses jalan bagi warga desa Gunung Putri tidak akan terganggu.

“Tadi pak Kadis PUPR ikut mendampingi saya melihat langsung jembatan yang ambrol. Jadi benar, jembatan ini merupakan akses vital bagi warga desa gunung putri dan perlu segera dibangun jembatan darurat,” ujar Bupati yang akrab disapa Bung Karna, Kamis, 10 Maret 2022.

Selain membangun jembatan darurat, Pemkab akan mengalokasikan anggaran pembangunan jembatan permanen melalui APBD. Berdasarkan laporan Kepala Desa, bahwa jembatan yang ambrol itu merupakan jembatan lama yang usianya sudah puluhan tahun.

BACA JUGA :  Pemkab Anggarkan Rp 180 Juta Untuk Bantuan Alat Jemur Tembakau

“Saat ini yang terpenting ada akses jalan dulu. Setelahnya kami alokasikan anggaran pembanguan jembatan permanen melalui APBD,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Desa Gunung Putri, Titin Murtina bahwa jembatan saat sebuah truk yang sedang mengangkut kayu melintas di lokasi. Jembatan tersebut merupakan penghubung antara desa gunung malang dan desa gunung Putri. Ada sekitar 1.600 warga di Desa gunung Putri setiap hari melintasi jembatan tersebut.

“Jembatan ambrol mungkin karena sudah bangunannya yang rapuh karena usia. Ini jembatan lama yang katanya tampa ada penumpang besinya. Jadi termasuk jembatan kuno,” tuturnya.

Reporter: Zaini Zain