Kemenkumham Keluarkan Surat Hak Cipta Tari Remo Trisnawati dan Tari Landhung

0
85
bhasafm
Ketua DKS Edy Supriyono saat menyerahkan sertifikat surat pencatatan ciptaan Tari Remo Trisnawati dari Kemenkumham (Foto oleh Zaini Zain)

Situbondo- Kementerian Hukum dan HAM RI menerbitkan sertifikat surat pencatatan ciptaan Tari Remo Trisnawati. Surat hak cipta tersebut diberikan kepada penciptanya yaitu Ibu Trisnawati, warga RT 02 RW 13 Kelurahan Mimbaan Kecamatan Panji.

Surat Kemenkumham tersebut diantar Dewan Kesenian Situbondo (DKS), Senin sore kemarin. Tari Remo Trisnawati diambil dari nama penciptanya yaitu Trisnawati. Tarian penyambutan itu diciptakan  4 Agustus 1976.  Trisnawati sendiri tampak berkaca-kaca menerima surat hak cipta dari Kemenkhumham tersebut.

Menurut Ketua DKS Edy Supriyono, Ibu Trisnawati terharu karena sudah cukup lama ingin mematenkan tari Remo Trisnawati, namun tak kunjung selesai dan DKS akhirnya ikut serta membantu pengurusannya.

“Beliau terharu sekali karena sudah cukup lama ingin mendaftarkan karyanya itu,” ujarnya,  ditemui usai bertemu Trisnawati, Senin, 4 Juli 2022.’

Edy Supriyono menambahkan, dewan kesenian ikut mengurus hak cipta tari Remo Trisnawati sebagai bentuk apresiasi terhadap penciptanya. Sebagai seniman senior, karya Trisnawati melalui tari Remo Trisnawati  sangat menginspirasi para seniman yang lain. Bahkan tari Remo Trisnawati juga menjadi mata kuliah di sejumlah perguruan tinggi.

BACA JUGA :  Polres Situbondo Amankan Bandar Judi Cap Jie Kie di Kompleks Eks Lokalisasi

“Ibu Trisnawati sendiri kerapkali diundang sebagai penguji di sejumlah perguruan tinggi di Jawa Timur. Jadi dengan surat hak cipta sudah jelas siapa penciptanya,” terangnya.

Selain tari Remo Trisnawati, Dewan Kesenian juga mematenkan Tari Landhung ke Kemenkumham. Hal itu dilakukan sebagai bentuk perlindungan terhadap karya seniman di Situbondo. Karya para seniman harus mendapatkan lesensi hak cipta sebagai kekayaan intelektual.

“DKS juga mengurus pencatatan hak cipa tari landhung. Saat ini ada dua tari yang telah mendapat sertifikat hak cipta yaitu tari Remo Trisnawati dan tari landhung,” ujarnya.

Reporter: Zaini Zain