29.5 C
Situbondo
Rabu, Oktober 5, 2022

Kenaikan Harga BBM Hantui Nasib Nelayan Situbondo

Situbondo- Kenaikan harga BBM jenis solar menghantui nasib para nelayan Situbondo. Para nelayan mulai merasakan dampak kenaikan harga solar, karena biaya operasional mereka akan membengkak.

Saat ini harga solar naik dari Rp5.150 menjadi Rp6.800 per liter. Kenaikan harga solar ini membuat para nelayan harus memutar otak untuk melaut, mengingat pengaruh cuaca yang tak menentu bisa membuat nelayan rugi, karena hasil tangkapan ikannya tak bisa menutupi biaya operasional.

Seperti dikisahkan Wadi, salah seorang nelayan asal Pesisir Kalbut, Kecamatan Mangaran. Ia memilih tak melaut setelah harga solar naik. Ia khawatir hasil tangkapan ikannya tak mencukupi membayar solar.

“Saya memilih tidak melaut karena harga BBM naik. Kalau dipaksakan hawatir rugi,” ujarnya, Selasa, 6 September 2022.

Menurut Wadi, untuk memenuhi kebutuhan keluarganya, ia memilih bekerja sebagai kuli angkut di pasar. Meski penghasilannya kecil, namun masih bisa membantu memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

“Memang bayarannya tidak seberapa, namun sangat membantu meringankan beban hidup saya dan keluarga. Karena kalau  melaut, belum tentu bisa memperoleh hasil tangkapan yang banyak karena pengaruh cuaca,” ujarnya.

Sementara itu, seorang nelayan bernama Ansori, mengaku rugi setelah dirinya nekat melaut. Menurutnya,  hasil tangkapan ikannya hanya laku terjual Rp 195 ribu, sedangkan biaya operasionalnya mencapai Rp. 200 ribu. Diakui sudah dua bulan terakhir ini tangkapan ikan sulit karena pengaruh cuaca. 

Ironisnya, pada saat hasil tangkapan ikan sulit, harga solar malah ikut naik. Para nelayan berharap kompensasi kenaikan BBM segera cair, serta diberikan kepada warga terdampak langsung kenaikan BBM seperti nelayan.

“Kalau sekarang melaut istilahnya untung-untungan karena cuacanya buruk. Saya terpaksa nekat melaut karena gak ada pekerjaan lagi dan akhirnya benar-benar tekor,” ujarnya.

Zaini Zain

Related Articles

KOMENTAR

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Stay Connected

22,309FansSuka
3,513PengikutMengikuti
20,100PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles