25.8 C
Situbondo
Kamis, September 29, 2022

LPEI Sebagai Sui Generis, Sri Mulyani Minta LPEI Tingkatkan Program Kolaborasi

LPEI Sebagai Sui Generis, Sri Mulyani Minta LPEI Tingkatkan Program Kolaborasi

Situbondo-Menteri Keuangan Sri Mulyadi Indrawati meminta Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) meningkatkan dedikasinya menjalankan misi pembangunan. Kementerian Keuangan membentuk LPEI sebagai Sui Generis (memiliki misi khusus dan unik).

Penyataan ini diungkapkan mantan Direktur Bank Dunia itu saat menghadiri acara HUT LPEI ke 13, di Jakarta September 2022.  Sri Mulyani menyatakan agar LPEI menjadikan momentum HUT ini menjadi daya ungkit bekerja lebih baik lagi melalui budaya APIK (Agile, Profesionalisme, Integritas, dan Kreatifitas),

“Saya ucapkan selamat ulang tahun untuk LPEI. Kementerian Keuangan RI membentuk LPEI sebagai lembaga Sui Generis, artinya memiliki misi khusus dan unik untuk menjalankan misi pembangunan,  mendorong ekspor nasional,” ujar Sri Mulyani Indrawati.

Dikatakan,  untuk mencapai misinya tersebut LPEI diminta  bekerjasama dengan para pemangku kepentingan lainnya guna mencapai hasil yang lebih maksimal dan bermanfaat luas. LPEI harus terus meningkatkan program kolaborasi memanfaatkan sumber daya yang ada.

“Misalnya anda ingin menjalankan program Desa Devisa. Ayo kerjakan, kita bisa membina mereka menjadi pusat produksi yang lebih kompetitif. Caranya, LPEI tidak bisa bekerja sendirian tapi berkolaborasi, dengan misalnya dengan  sesama SMV,” ujar Sri Mulyani Indrawati.

Sementara itu, Direktur Eksekutif LPEI,  Riyani  Tirtoso mengatakan bahwa LPEI berkomitmen mengedepankan program kolaborasi guna menciptakan manfaat yang luas dan berkelanjutan bagi masyarakat.

BACA JUGA :  Polres Situbondo Amankan Bandar Judi Cap Jie Kie di Kompleks Eks Lokalisasi

“Kami mengucapkan apresiasi dan terima kasih atas ucapan dan arahan yang diberikan

Menteri Keuangan RI. Kami terus memperbaiki dan meningkatkan kinerja lembaga mengacu pada core values lembaga “APIK” dalam  rangka mendorong ekspor nasional,” ujar Riyani.

Menurut Riyani  Tirtoso, LPEI memperkuat sinergi dan kolaborasi dengan Kementerian dan lembaga, serta pemangku kepentingan guna  memperkuat ekosistem ekspor Indonesia. Berkolaborasi dengan Ditjen Bea Cukai, DJKN, DJPPR, Pajak, SMV. Program kolaborasi tengah berjalan guna mewujudkan aspirasi  Kemenkeu melalui program Desa Devisa, Rumah Ekspor dan pelatihan UMKM berorientasi ekspor.

BACA JUGA :  Setiap Hari Puluhan Warga Padati Lokasi Paralayang di Jatibanteng

Selain itu, LPEI juga mengembangkan kolaborasi bersama  Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian, Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Parekraf, Kementerian Desa, serta Bank Indonesia untuk membangun Desa Devisa dan meningkatkan daya saing  produk/komoditas lokal agar mampu merambah pasar dunia.

“Bersama dengan Sarinah, LPEI memberi pembiayaan untuk mendorong kinerja ekspor serta meningkatkan kapasitas pelaku usaha dan mitra UMKM Sarinah yang berorientasi ekspor,” tuturnya.

Perlu diketahui, tasyakuran Hari Ulang Tahun (HUT) LPEI ke-13 mengambil tagline “APIK” yaitu Agile, Profesionalisme, Integritas dan Kreatifitas. Melalui tagline tersebut LPEI menegaskan akan selalu bekerja lebih baik lagi, mendorong ekspor nasional serta meningkatkan kinerjanya melalui mandat pembiayaan, penjaminan, asuransi dan jasa konsultasi.

 

Related Articles

KOMENTAR

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Stay Connected

22,309FansSuka
3,507PengikutMengikuti
20,100PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles