25.8 C
Situbondo
Kamis, September 29, 2022

Menumpuk, Sampah Plastik di Sungai Tak Terurus

Situbondo- Kesadaran masyarakat menjaga kebersihan sungai masih lemah, padahal sejak 2018 silam Pemkab Situbondo sudah mencanangkan program gerakan kali bersih.  Saat itu, Pemkab pernah menggelar perlombaan 17 Agustus  besar-besaran di aliran sungai irigasi kawasan kota, agar masyarakat peduli terhadap kebersihan sungai.

Kali ini, gerakan kali bersih itu sudah tak terdengar lagi. Dampaknya, sampah-sampah plastik berserakan di sungai yang membentang membelah kawasan kota tersebut. Tak hanya terkesan kumuh, keberadaan sampah plastik sangat mengancam kerusakan lingkungan.

Umumnya, sampah-sampah yang menyumbat saluran sungai irigasi itu adalah sampah keluarga yang dibuang ke sungai, mulai botol plastik hingga pampers anak. Selain itu, banyak juga sampah bekas makanan siap saji maupun makanan nasi kotak berbahan baku plastik.

Menurut seorang pemulung, Suto, sampah-sampah plastik itu akan menumpuk di saluran irigasi sungai kalau debit air yang mengalir cukup besar. Setiap hari akan selalu ada tumpukan sampah menutup saluran air.

“Kalau sudah ada tumpukan kayak gini saya biasanya cari botol plastik. Tapi agak sulit mengambilnya kalau tumpukannya sudah banyak seperti ini,” kata Suto, Selasa, 6 September 2022.

Sementara itu, salah seorang aktivis peduli sampah, Rini Yuli Astuti pernah menyampaikan, bahwa sampah plastik yang dibuang sembarangan  sangat mengancam lingkungan. Sampah plastik butuh waktu 100 hingga 500 tahun untuk mengurainya kembali dengan sempurna.

Rini yang juga pemilik Bank Sampah Jaya Pintu Lima itu menjelaskan, sampah plastik jika dibakar, asapnya bisa memicu berbagai penyakit, seperti gangguan pernafasan, kanker hingga gangguan sistem saraf, karena asap sampah plastik mengandung zat dioksin dan karsinogenik.

“Sampah itu harus dikelola menjadi bahan baku kerajinan. Makanya saya dirikan bank sampah ini karena saya peduli terhadap ancaman kerusakan lingkungan akibat sampah,” ujarnya. 

Zaini Zain

Related Articles

KOMENTAR

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Stay Connected

22,309FansSuka
3,507PengikutMengikuti
20,100PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles