Monitor Kegiatan PTM, Satgas Mulai Tes PCR Siswa dan Guru

0
305
bhasafm
Petugas kesehatan mulai melakukan tes Swab di sekolah untuk mencegah penyebaran Covid-19 melalui PTM (Foto: Zaini Zain)

Situbondo- Satgas Covid-19 Situbondo terus memantau pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di masing-masing sekolah. Satgas melakukan tes PCR bagi siswa untuk mencegah penyebaran Covid-19 klaster sekolah.

Sekretaris Daerah Pemkab Situbondo, Syaifullah mengatakan, selain para siswa, tes PCR juga akan dilakukan kepada para guru, mengingat mereka memiliki mobilitas tinggi.

“Selain siswa kami juga pantau guru di sekolah. Yang mobilitasnya tinggi itu malah gurunya jadi kita proteksi juga,” katanya, Senin, 13 Desember 2021.

Menurut Syaifullah, pengambilan tes PCR kepada siswa di sekolah dilakukan sebagai upaya proteksi dini. Sejauh ini, pelaksanaan PTM di masing-masing sekolah berlangsung lancar dengan standar prokes.

“Terus kita monitoring pelaksanaan PTM termasuk penerapan Prokes di sekolah. Pokoknya, kuncinya prokes dan itu yang harus diingat setiap Kepala Sekolah,” ujarnya.

BACA JUGA :  Uang Titipan Ratusan Juta Jadi Salah Satu Materi Gugatan Praperadilan

Syaifullah menambahkan, berdasarkan hasil monitoring   sementara belum ditemukan adanya penyebaran Covid-19 di kalangan pelajar. Meski begitu, Syaifullah juga mengingatkan para guru agar rutin melakukan tes PCR kalau bepergian ke luar kota.

“Harus diwaspadai masuknya varian baru Omicron. Para guru harus berhati-hati dan selalu jaga prokes,” pintanya.

Data Satgas Covid-19 Situbondo, Senin 13 Desember 202, jumlah total pasien Covid-19 sebanyak 7.160 terdiri dari 6.284 pasien sembuh, 876 pasien meninggal. Saat ini pasien Covid-19 kosong. Tidak ada pasien sedang dirawat di rumah sakit maupun isolasi mandiri.

Reporter: Zaini Zain