31.5 C
Situbondo
Minggu, Juli 21, 2024

PBB-P2 Tahun 2023 Baru Tercapai 52 Persen

Situbondo- Target Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan atau PBB-P2 tahun 2023 hingga September masih tercapai 52 persen.

Menurut Plt. Kepala Badan Pendapatan Daerah atau Bappenda Situbondo, Edi Wiyono, pendapatan daerah dari sektor PBB masih jauh dari target.

“Masih jauh dari target yang direncakan. Karena hingga saat ini pendapatan tersebut masih 52 persen,” ucapnya.

Kata Edi, Pemkab Situbondo menargetkan perolehan PBB tahun ini sebesar Rp10 miliar. Namun hingga menjelang akhir tahun perolehan masih 52 persen, jauh dari ekspektasi.

“Semestinya capaian target PBB-P2 ini sudah mencapai 75 persen di bulan September. Sehingga akhir tahun 2023 bisa tercapai 100 persen,” bebernya.

Edi mengaku banyak kendala di lapangan sehingga perolehan PBB tidak sesuai dengan target. Kendala terbesar yakni faktor ekonomi. Banyak masyarakat yang terkendala ekonomi untuk membayar pajak.

“Rata-rata penyebabnya adalah kondisi ekonomi. Banyak masyarakat yang mau membayar pajak masih menunggu hasil panen,” bebernya.

Untuk mengejar target tersebut, Edi menggandeng Kesatuan Polisi Pamong Praja dan Inspektorat melakukan penagihan PBB-P2 mulai dari tingkat kecamatan hingga desa.

“Kami akan melakukan evaluasi setiap seminggu sekali, dengan melibatkan Satpol PP dan Inspektorat, termasuk para Camat, ” bebernya.

Camat juga punya tanggungjawab besar untuk tercapainya pendapatan PBB-P2. Apalagi, para camat sudah menyanggupi untuk ikut turun ke bawah melakukan penagihan pajak kepada warga.

“Kami meminta agar seluruh camat mampu memenuhi target tersebut di akhir tahun 2023,” ucapnya.

Edi menyebutkan, dari 17 kecamatan di Kabupaten Situbondo, baru Kecamatan Sumbermalang yang menempati urutan pertama untuk capaian target pajak PBB-P2. Sedangkan, kecamatan yang paling rendah pendapatan pajak tersebut adalah Kecamatan Banyuglugur.

“Salah satu kecamatan yang sudah memenuhi target adalah Sumbermalang mendekati 90 persen. Sedangkan kecamatan yang masih kecil adalah kecamatan Banyuglugur, baru 22 persen,” tutupnya.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Stay Connected

0FansSuka
3,912PengikutMengikuti
21,900PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles