Pembanguan Rumah Sakit Cita-Cita Kiai As’ad

0
50
bhasafm
Menparekraf Sandiaga Uno saat peletakan batu pertama rumah sakit Ny. Zubaidah di Pondok Pesantren Salafiyah-Syafi'iyah Sukorejo (Foto: Zaini Zain)

Situbondo- Pembangunan rumah sakit Ny. Zubaidah merupakan azam Kiai As’ad. Cita-cita pendiri dan pengasuh ke 2 Pondok Pesantren Salafiyah-Syafi’iyah Sukorejo, mulai diwujudkan di masa KHR. Achmad Fawaid As’ad, dengan mendirikan akedemi kebidanan.

Salah satu tim pendirian Rumah  Sakit Ny. Zaubaidah, Zainiye mengatakan, Kiai As’ad bercita-cita ingin mendirikan fakultas kedokteran. Pada tahun 2008 silam, Kiai Fawaid telah mendirikan Akedemi kebidanan dan Klinik idaman As’adiyah.

“Kami sebagai alumni dan atas nama tim pendirian rumah sakit RS Ny. Zubaidah mewakili ketua tim yaitu Ny. Djuwairiyah Fawaid, merasa bangga dan bahagia atas kehadiran Menparekraf Sandiaga Uno yang telah ikut meletakan batu pertama,” katanya dalam rilis tertulis.

Menurut Zainiye, Perguruan Tinggi di Pondok pesantren Sukorejo saat ini terus berkembang pesat. Sejak namanya menjadi Universitas Ibrahimy (UNIB) yang diresmikan langsung Presiden Joko Widodo, UNIB telah memiliki fakultas kedokteran sebagaimana cita-cita Kiai As’ad, dengan tiga jurusan yaitu S1 keperawatan, kebidanan dan S1 Farmasi.

BACA JUGA :  Beri Penghargaan Uang Tunai, Bupati Situbondo Puji Atlet Peraih Medali Saat PON XX Papua

“Diawali berdirinya akademi kebidanan oleh Kiai Fawaid, maka pengasuh ke 4 Ponpes Sukorejo, KHR Ahmad Azaim Ibrahimy melanjutkan azam Kiai As’ad dengan membuka fakultas kedokteran dan tentu ada rumah sakit di dalamnya,” ujarnya.

Menurut Zainiye, kehadiran Menteri Sandiaga Uno ikut mensupport pembangunan Rumah Sakit Ny. Zubaidah. Setelah peletakan batu pertama, pembangunan rumah sakit di atas lahan seluas 3 hektar akan segera dimulai.   Ponpes Sukorejo selain ditetapkan sebagai wisata religi, juga akan dikembangkan menjadi  kompleks pendidikan terpadu dan terintegrasi. Tentu dengan tetap mempertahankan ciri khas pondok pesantren.

“Mudah-mudahan segera cepat dioperasinalkan. Sebagaimana saran Menteri Sandiaga Uno bahwa RS Ny Zubaidah ini selain menjalankan fungsi kuratif pengobatan, tapi juga fungsi promotif preventif, mewujudkan masyarakat sehat melalui komunitas kesehatan seperti komunitas jantung sehat, komunitas mata sehat yang sesuai dengan visi misi RS,” kata Zainiye yang juga anggota Komisi E DPRD Provinsi Jawa Timur.

Reporter: Zaini Zain