24.6 C
Situbondo
Sabtu, Agustus 13, 2022

Pemkab Situbondo Uji Coba 19 Bibit Padi Unggul

Situbondo- Pemkab Situbondo memiliki perhatian serius terhadap petani Situbondo melalui berbagai uji coba varietas bibit padi unggul. Kali ini, ada 19 bibit unggul baru dilakukan uji coba bekeja sama dengan  Balai Besar Tanaman Padi,  Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian pada Kementerian Pertanian.

Bupati Situbondo Karna Suswandi bersama Wakil Bupati Ny. Hj. Khoirani ikut langsung melakukan penanaman 19 varietas bibit padi unggul ini di lahan milik Balai Penyuluhan Pertanian Kapongan, Selasa pagi kemarin.

Menurut Karna Suswandi, dari 19 bibit padi unggul ini akan dipilih yang terbaik dan akan diberi nama BK Situbondo. Bibit padi unggul ini diharapkan memiliki hasil produksi tinggi serta tahan terhadap hama dan penyakit.

“Nanti kita pilih yang terbaik untuk dikembangkan kepada petani. Varietas bibit unggul ini harus benar-benar berkualitas sehingga bisa meningkatkan produksi padi dan mendorong kesejahteraan petani,” katanya, Selasa, 11 Januari 2022.

BACA JUGA :  Ditinggal Pemiliknya Cari Rumput Rumah dan Uang Jutaan Rupiah Terbakar

Sementara itu, Balai Besar Penelitian Tanaman Padi pada Kementerian Pertanian, Dr. Nafisah mengatakan, bahwa keunggulan benih padi tersebut yaitu menghasilkan produksi padi di atas 9 ton per hektarnya. Selain itu, jenis padinya juga memiliki ketahanan terhadap organisme pengganggu tanaman.

Oleh karena itu, selain 19 varietas baru yang sedang dilakukan uji coba, ada lima bibit pembanding. Dari 19 bibit baru yang terpilih nanti, masih akan dilakukan uji coba lanjutan di 10 lokasi pertanian di Situbondo.

BACA JUGA :  Polri dan TNI Siap Amankan Pelaksanaan Pilkades Serentak di Situbondo

“Selain punya keunggulan ketahanan organisme pengganggu tanaman, potensi produksi padi ini di atas 9 ton per hektare,” katanya.

Reporter: Zaini Zain

Related Articles

KOMENTAR

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Stay Connected

22,309FansSuka
3,434PengikutMengikuti
20,000PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles