Ratusan Anak Muda Situbondo Ikut Digital Entrepreneurship Academy

0
37
bhasafm
Antusias-Ratusan Millenial ikut program DEA Kementerian Kominfo (Foto: Zaini Zain)

Situbondo- Ratusan generasi millennial Situbondo sangat antusias mengikuti Digital Entrepreneurship Academy (DEA). Mereka mengaku termotivasi untuk mengembangkan usaha melalui pasar digital.

Salah satunya diungkapkan Novi Wahyu Indrawati. Peserta asal Kecamatan Panji itu mengaku banyak mendapatkan ilmu baru terkait digital marketing. Selama ini, dirinya sudah punya usaha, namun masih mengalami kesulitan di bidang pemasaran.

“Pelatihan ini sangat bermanfaat sekali. Semua peserta antusias dan mudah-mudahan ilmu yang kita dapat disini bisa kita praktekan nantinya,” katanya, ditemui usai mengikuti DEA di ruang Baluran Situbondo, Kamis, 23 September 2021.

Menurut Novi, begitu dirinya mengikuti pelatihan DEA, dibenaknya sudah bermunculan ide-ide baru untuk mengembangkan usahanya, mulai ingin menata manajemen pemasaran, memperluas jaringan serta cara memberending produk di media sosial maupun market place.

“Banyak sekali di otak ini dan rasanya ingin segera diterapkan. Mudahan-mudahan usaha kami terus berkembang melalui pengetahuan digital marketing ini,”ujarnya.

BACA JUGA :  Sulit Cari Kerja di Masa Pandemi, Pemuda Desa Pilih Budidaya Kura-Kura

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Pemkab Situbondo, Dadang Aries Bintoro mengatakan, bahwa program Digital Entrepreneurship Academy (DEA), merupakan kerjasama Dinas Kominfo Situbondo dengan Kementerian Kominfo RI.

Menurut Dadang, pelatihan DEA bagi kalangan millennial dilakukan untuk mendorong wirausaha muda yang siap bersaing di pasar digital. Ada 150 peserta dibagi menjadi tiga kelas karena untuk menghindari terjadinya kerumunan.

“Satu kelas pelatihan DEA dilaksanakan di ruang Baluran sedang dua kelas lainnya mengikuti secara virtual di kelas yang berbeda,” ujarnya.

Dadang berharap, melalui pelatihan DEA ini diharapkan akan muncul entrepreneur muda yang handal, serta akan lahir pengusaha-pengusaha muda yang dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Situbondo.

“Karena ini programnya kementerian tentu nantinya akan terus ada pendampingan lanjutan. Semua instruktur  yang hadir juga dari BUMN dan berkompeten di bidang digital marketing,” terangnya.

Reporter: Zaini Zain