Resmikan Dermaga Baru, Gubernur Jatim Sebut Pelabuhan Jangkar Penghubung Antar Pulau

0
134
bhasafm
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa didampingi Bupati Karna Suswandi saat meresmikan dermaga baru di pelabuhan Jangkar, Minggu, 19 Desember 2021 (Foto: Zaini Zain)

Situbondo- Gubernur Jawa Timur. Khofifah Indar Parawansa meresmikan dermaga baru di Pelabuhan Jangkar. Minggu sore kemarin. Dermaga Movable Bridge II atau dermaga gerak itu akan memudahkan perpindahan angkutan mengikuti pasang surut air laut.

Melalui fasilitas dermaga baru tersebut. Khofifah berharap akan memperlancar koneksitas transportasi antar pulau. Dermaga gerak ini akan memudahkan kendaraan berpindah dari dermaga ke kapal atau dari kapal ke dermaga.

Menurut Khofifah. pembangunan dermaga baru ini sebagai upaya mempercepat koneksitas atau penghubung dengan sejumlah kepulauan di Sumenep Madura. seperti pulau Sapudi. pulau Ra’as dan pulau Kangean.

“Pelabuhan Jangkar ini melayani penyebrangan ke sejumlah pulau di Madura. Diharapkan dermaga baru ini mempercepat penghubung ke sejumlah pulau di Madura,” terangnya, Minggu, 19 Desember 2021.

Khofifah menambahkan. dermaga  yang baru diresmikannya itu diharapkan berdampak besar terhadap kelancaran arus lalulintas orang dan barang dari pulau Jawa ke sejumlah pulau di Madura.

“Harapan kita semua bahwa pembangunan dermaga ini akan memiliki dampak pelayanan kepada masyarakat serta dampak pertumbuhan ekonomi,” terangnya.

Sementara itu.  Bupati Situbondo Karna Suswandi. berharap agar pelabuhan Jangkar terus dikembangkan menjadi pelabuhan nasional. Tidak hanya menjadi penghubung ke sejumlah pulau di Madura. melainkan bisa dikembangkan di masa mendatang menjadi penghubung antar provinsi seperti ke NTB. Sulawesi Selatan dan  Kalimantan Selatan.

BACA JUGA :  Sudah 1.700 Peserta Beli Tiket Gowes DMI Bersama Kiai Azaim Ibrahimy

“Kami atas nama warga masyarakat Situbondo menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Khofifah Indar Parawansa karena terus memberikan dukungan untuk Kabupaten Situbondo,” ujarnya.

Bupati yang akrab dipanggil Bung Karna itu mengaku. sebagai bentuk dukungan pengembangan pelabuhan. Pemkab akan melengkapi pembangunan dermaga seperti pelebaran akses jalan pelabuhan.

“Kami berharap pelabuhan Jangkar ini akan jadi penyeberangan yang mampu menjadi penyangga Provinsi Jatim mengingat lokasi pelabuhan Jangkar sangat strategis,” katanya.

Saat ini. ada tiga armada kapal feri beroperasi melayani rute penyebrangan ke sejumlah pulau di Madura. antara lain KMP Munggiyango Hulalo. melayani Rute dari Pelabuhan Jangkar ke Pulau Kangean  dan  Kalianget. KMP Satya Kencana dan KMP Dharma Kartika melayani penyebrangan dari Pelabuhan Jangkar ke Pulau Sapudi  dan  Kalianget dan Pulau Raas  dan  Kalianget.

Reporter: Zaini Zain