25.2 C
Situbondo
Selasa, Januari 31, 2023

Sekitar 10 Ribu Orang Ikut Napak Tilas Sejarah Pahlawan Nasional Kiai As’ad

Situbondo- PCNU Situbondo melaksanakan napak tilas sejarah pahlawan nasional KHR. As’ad Syamsul Arifin. Napak tilas bersamaan dengan peringatan hari pahlawan nasional 10 November 2022. Peserta akan diberangkatkan dari kantor PCNU Situbondo hingga ke Pondok Pesantren Salafiyah-Syafi’iyah Sukorejo.

Panitia pelaksana, Fathol Bari mengatakan, sesuai laporan yang masuk ke panitia, ada sekitar 8 ribu hingga 10 ribu orang akan mengikuti napak tilas. Selain dari Kabupaten Situbondo, peserta napak tilas juga datang dari Kabupaten Banyuwangi, Jember, Bondowoso dan Probolinggo serta Madura.

“Besok start sekitar jam 7.00 WIB dari Kantor PCNU hingga ke pondok pesantren Salafiyah-Syafi’iyah Sukorejo. Kami juga sudah menerima konfirmasi dari peserta asal luar kota. Kemungkinan malam ini mereka sudah ada di Situbondo,” ujarnya, Rabu, 9 November 2022.

Dikatakan, panitia menyiapkan 25 posko konsumsi dan kesehatan bagi peserta napak tilas. Posko konsumsi merupakan bantuan dari berbagai pihak, termasuk MWCNU dari wilayah kota ke timur, PAC ISNU serta  Rayon IKSASS Situbondo.

Selain itu, ada juga bantuan dari Dinas Kesehatan untuk pelayanan tenaga medis dari enam Puskemas dan rumah sakit. Semuanya akan siaga di posko yang sudah disiapkan untuk melayani peserta napak tilas.

BACA JUGA :  Nufail, Balita Delapan Bulan Penderita Kelainan Pembentukan Tulang Belakang

“Kami juga mendapat dukungan konsumsi dari toko modern dari wilayah kota ke timur serta pos-pos konsumsi mandiri dari masyarakat,” ujar pria yang juga Ketua PC ISNU Situbondo

Lebih jauh Fathol Bari menegaskan, untuk pengamanan peserta napak tilas dibackup langsung Polsek jajaran dan Koramil dari wilayah kota ke timur. Ada juga 800 Banser dan 750 Pagar Nusa siap melakukan pengamanan di sepanjang jalan pantura hingga ke ponpes Sukorejo.

BACA JUGA :  Nufail, Balita Delapan Bulan Penderita Kelainan Pembentukan Tulang Belakang

“Kapolres sudah memerintahkan Polsek jajaran untuk pengamanan. Sedangkan dari internai NU sendiri ada Banser dan Pagar Nusa,” pungkasnya,

Data yang diterima Bhasa menyebutkan, untuk rute napak tilas sejarah pahlawan nasional Kiai As’ad akan dimulai dari Kantor PCNU di jalan Madura Situbondo, melewati jalan Ijen dan berbelok melewati jalan Argopuro. Selanjutnya, peserta akan melewati jalan Basuki Rahmad hingga terus ke arah timur menuju ponpes Sukorejo.

Diperkirakan, peserta mulai tiba di Pondok pesantren Sukorejo sekitar pukul 15.00. Peserta napak tilas akan mengikuti pengajian malam jumat manis di Masjid Jami’ Ibrahimy Sukorejo. Dijadwalkan Ketua PWNU KH. Marzuki Mustamar akan hadir.

Reporter: Zaini Zain

Related Articles

KOMENTAR

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Stay Connected

22,309FansSuka
3,684PengikutMengikuti
20,500PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles