Siapkan Anggaran 57 Miliar Untuk Pemulihan Ekonomi dan Pengentasan Kemiskinan Melalui PAPBD 2021

0
55
bhasafm
Bupati Situbondo Karna Suswandi (Foto: Zaini Zain)

Situbondo- Bupati Situbondo, Karna Suswandi menemui Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Tjahjo Kumolo, di Jakarta, Selasa 7 September 2021. Bupati yang akrab disapa Bung Karna menceritakan berbagai perubahan kebijakan anggaran untuk pemulihan ekonomi di masa pandemi.

Berbagai perubahan kebijakan anggaran tersebut tertuang di dalam Perubahan APBD 2021, seperti menganggarkan percepatan pengentasan kemiskinan melalui pembangunan akses jalan ke Dusun Merak, Desa Baluran, Kecamatan Banyuputih.

“Saat bertemu pak Menteri kami sampaikan berbagai kebijakan pemulihan ekonomi melalui PAPBD 2021 dan beliau sangat mengapresiasi,” terangnya, Rabu, 8 September 2021.

Menurut Bung Karna, dirinya juga menyampaikan efisiennya anggaran sebesar 57 miliar untuk pemulihan ekonomi dan pengentasan kemiskinan. Efisien anggaran tersebut tertuang di dalam RKPD atau Rencana Kerja Pemerintah Daerah.Semuanya sudah ada di dalam KUA PPAS Perubahan APBD 2021.

BACA JUGA :  Penyebaran Covid-19 Terkendali, Bung Karna Himbau Warga Tetap Disiplin Prokes

Karna Suswandi menjelaskan bahwa anggaran 57 miliar akan digunakan untuk subsidi pupuk, pelatihan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan pengadaan bibit padi BK-900.

Selain itu, ada juga anggaran pembangunan akses jalan menuju Dusun Merak. Pembangunan inftrastruktur itu diharapkan akan jadi daya ungkit pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat yang selama ini terisolir.

“Mudah-mudahan ikhtiar kami ini akan berdampak terhadap kesejahteraan masyarakat,” terangnya.

Tak hanya itu, Bung Karna juga akan melakukan rekrutmen PPPK khusus bagi tenaga kesehatan. Para nakes yang selama ini menjadi garda depan penanganan Covid-19 sebagian besar masih honorer dan sukarelawan.

“Pak menteri menyambut baik rencana kami untuk rekrutmen PPPK khusus tenaga keseharan,” katanya.

Reporter: Zaini Zain