25.2 C
Situbondo
Selasa, Januari 31, 2023

Situbondo Ethnic Festival, Situbondo Menyapa Indonesia Bangga

SITUBONDO – Situbondo Ethnic Festival  (SEF) berlangsung meriah di pendapo Aryo alun-alun kota Situbondo, Sabtu, 26 November 2022. Ada 2000 datang dari berbagai daerah di Indonesia turut memeriahkan Situbondo Ethnic Festival. Mereka berasal dari Sulawesi Selatan, Kalimantan Timur, Bali dan Jawa Tengah  serta DKI Jakarta.

Menurut Bupati Situbondo Karna Suswandi, bahwa Situbondo Ethnic Festival  merupakan rangkuman dari berbagai event di Kabupaten Situbondo dengan konsep menampilkan kekayaan budaya Indonesia.

“Situbondo Ethnic Festivalini  juga menggabungkan tarian kolosal dan millinial

untuk meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap budaya nusantara dan budaya lokal di Kabupaten Situbondo,” kata Bupati Situbondo, Karna Suswandi, Sabtu, 26 November 2022.

Situbondo Ethnic Festival  menampilkan event berbeda di bandingkan event serupa di daerah lain, yaitu memadukan tari lokal dan milenial, fashion dan carnival. Setiap Kecamatan di Kabupaten Situbondo menampilkan tarian yang digali dari kebudayaan lokal. Selain itu, ada juga penampilan explorasi budaya millinial yang dipergakan kalangan pelajar SMA dan SMK se Situbondo.

BACA JUGA :  Nufail, Balita Delapan Bulan Penderita Kelainan Pembentukan Tulang Belakang

Sebanyak 2000 penari Situbondo Ethnic Festival menampilkan berbagai tarian nusantara, seperti tari Bali, tari gambyong  dan sarung goyor (Jawa Tengah), ada juga tarian khas dari Sulawesi Selatan (Sulsel) dan Kalimantan Timur (Kaltim). Selain itu, ada juga penampilan tari khas lokal Situbondo, diantaranya tari landhung, tari ayam sapsap, tari nyonteng,  dan komantan tebbhu serta beberapa tarian lainnya.

BACA JUGA :  Badan Pusat Statistik Kabupaten Situbondo Telah Mencatat Data Keluarga Sebanyak 237.444 Dalam Regsosek

“Kami berharap kegiatan ini menjadi suguhan yang luar biasa, sehingga budaya kita tak hanya dikenal di Situbondo namun juga di tingkat nasional dan internasional sesuai tagline kita  yaitu Situbondo menyapa Indonesia bangga,” tegas Bung Karna.

Sementara itu, Situbondo Ethnic Festival juga menghadirkan komedian ibu kota Jakarta Bedu dan Daus.  Ribuan warga antusia menyaksikan Situbondo Ethnic Festival. Tak hanya di alun-alun kota, warga warga juga memadati sepanjang jalan yang dilalui penari yaitu dari Jalan Kartini hingga taman makam pahlawan di Jalan Pemuda Situbondo.

Related Articles

KOMENTAR

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Stay Connected

22,309FansSuka
3,684PengikutMengikuti
20,500PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles