Wabup Situbondo, Ajak Masyarakat Aktualisasikan Pancasila

0
93
Pancasila

Situbondo, bhasafm.co.id- Wakil Bupati Situbondo, Nyai Khoirani mengajak seluruh masyarakat Situbondo, untuk mempraktikkan dan mengaktualisasikan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, sehingga nilai-nilai Pancasila tertanam di dalam hati.

Kata Nyai Khoirani, Pancasila harus senantiasa diamalkan dalam berbagai sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Niai-nilai yang dikandungnya merupakan falsafah dasar, pandangan hidup bangsa, dasar negara, ideologi, kekuatan pemersatu bangsa dan sumber segala sumber hukum negara.

Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, kata Wabup Khoirani, merupakan meja statis yang menyatukan berbagai keragaman yang ada, sekaligus sebagai “bintang penuntun” dinamis yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara, mewujudkan masyarakat Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Kata Wabup Khoirani, keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia. Dan pengamalan nilai-nilai Pancasila merupakan perwujudan rasa cinta kepada tanah air sehingga dapat membangun bangsa dan negara yang lebih baik.

Nilai-nilai pancasila dapat diamalkan dalam bentuk sederhana, seperti saling menghargai, bekerja sama dan saling menghormati. Berkat pancasila dengan nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong, keberagaman yang ada menjadi berkah yang dirajut dalam identitas nasional Bhinneka Tunggal Ika.

Wabup Khoirani mengatakan, bahwa Hari Lahir Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 juni, memiliki makna bagi rakyat dan bangsa Indonesia, tidak hanya menjunjung tinggi Pancasila sebagai dasar negara ataupun tujuan berbangsa, namun turut menjadikan Pancasila sebagai pegangan dalam kehidupan sehari-hari.

Ketua Muslimat Situbondo ini mengajak seluruh komponen masyarakat untuk bersama-sama, menyukseskan pesta demokrasi Pemilihan Umum serentak 2024 dengan menciptakan pemilu yang jujur, aman, dan damai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.