Anda Seorang Penyendiri atau Terkena Hikikomori?

0
59
ilustrasi hikikomori
Gambar oleh buy me some coffee dari Pixabay

Situbondo- Menarik diri dan tidak bersosialisasi kerap dilakukan oleh seseorang yang telah menerima banyak tekanan maupun pergolakan perasaan dalam dirinya. Baik disebabkan oleh pengaruh lingkungan maupun kondisi mental dari seseorang tersebut. Bagaimana jika menarik diri dari sosial dilakukan dalam waktu yang sangat lama?. Dalam istilah Jepang dinamakan Hikikomori (引きこもり, ひきこもり, atau 引き籠もり). 

Hikikomori adalah istilah Jepang untuk fenomena di kalangan remaja atau dewasa muda di Jepang yang menarik diri dan mengurung diri dari kehidupan sosial (wikipedia.com). Seseorang yang melakukan hikikomori kebanyakan sangat sulit untuk keluar dari zona nyaman mereka. Mereka akan terus berada di rumah tanpa keluar selama berbulan – bulan bahkan sampai beberapa tahun. Dalam kasus yang sangat parah, mereka bahkan tidak keluar kamar dan tidak bersosialisasi dengan keluarganya.

Terdapat berbagai penyebab hikikomori, mulai dari masalah sosial seperti bullying, ambisi yang tidak tercapai, faktor keluarga yang terlalu memanjakan sehingga para hikikomori terlalu nyaman berada di rumah, hingga trend yang menganggap melakukan hikikomori itu keren.

Bagaimana dengan hikikomori yang terjadi di Indonesia? hikikomori ini tidak hanya terjadi di negara bunga Sakura saja. Namun, juga terjadi di Indonesia. Para hikikomori di Indonesia tidak hanya terjadi karena masalah sosial yang mereka hadapi. Mereka kurang bersosialisasi juga dikarenakan keasyikan dalam dunia mereka sendiri seperti kecanduan bermain game. Bahkan bagi remaja yang berlebihan dalam menyukai hal – hal berbau Jepang kemungkinan akan salah persepsi sehingga menganggap hikikomori ini keren. 

Hikikomori ini bukanlah solusi bagi Anda yang sedang mengalami masalah sosial, atau pergolakan dalam diri Anda. Apabila Anda melakukan hikikomori ini. Maka, Anda tahu bahwa akan banyak momen indah yang akan terlewatkan. Tetap bersosialisasi dengan orang yang tepat dan menghindari orang yang toxic akan berdampak baik bagi Anda. Tidak terlalu berlarut – larut berada dalam zona nyaman juga akan membantu Anda untuk tidak terjerumus kedalam hikikomori ini. Percayalah kehidupan ini tidak selamanya seberat itu, yakinlah bahwa kehidupan ini akan indah jika dilihat dari sisi yang berbeda.