Bupati Minta Dinkes Galakan Program Germas Hingga Pedesaan

0
308
bhasafm
Bupati Situbondo Karna Suswandi saat meninjau vaksinasi anak di acara Germas di halaman kantor Dinas Kesehatan. (Foto oleh Zaini Zain)

Situbondo- Bupati Situbondo Karna Suswandi, meminta Dinas Kesehatan melanjutkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) hingga pedesaan . harus terus digalakkan agar jadi budaya dan pola hidup seluruh elemen masyarakat.

Menurut Karna Suswandi, germas bukan hanya kegiatan seremonial, melainkan menjadi gaya hidup masyarakat. Apalagi saat pandemi, germas sangat efektif untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Germas ini harus ditindak lanjuti oleh masing-masing Puskesmas hingga ke desa,” kata Karna Suswandi, saat menghadiri acara germas dan vaksinasi anak di halaman Kantor Dinas Kesehatan, Senin, 21 Februari 2022.

BACA JUGA :  Polres latih Linmas Jelang Pelaksanaan Pilkades Serentak

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Situbondo, Dwi Herman Susilo mengatakan, pencanangan kegiatan germas perlu kerjasama lintas sektoral. Meski begitu, gerakan hidup sehat bisa dilakukan masyarakat dengan cara sederhana.

Selain rajin berolahraga dan makan makanan yang sehat, masyarakat perlu menjaga kebersihan lingkungan. Oleh karena itu, Dwi berharap agar masyarakat mulai menghentikan kebiasaan mengkonsumsi makanan tidak sehat seperti alkohol.

“Germas ini sudah dilakukan di setiap puskesmas, namun diakui masih belum menjadi budaya di tengah masyarakat,” terangnya kepada wartawan.

Reporter: Zaini Zain