Bupati Situbondo Pastikan Stok Pangan Aman Jelang Natal dan Tahun Baru

0
104
bhasafm
Bupati Situbondo Karna Suswandi bersama jajaran Forkopimda saat mengecek langsung harga kebutuhan pokok di pasar panji, Kamis, 23 Desember 2021 (Foto: Zaini Zain)

Situbondo- Bupati Situbondo Karna Suswandi bersama Forum Pimpinan Daerah mengecek langsung kenaikan harga kebutuhan pokok di sejumlah pasar tradisional. Bupati memastikan stok pangan di Kabupaten Situbondo aman menjelang natal dan tahun baru.

Forkopimda turun langsung ke pasar bertemu dengan para pedagang, untuk memantau harga kebutuhan pokok. Hal itu dilakukan  untuk mengantisipasi adanya permainan spekulan yang memanfaatkan natal dan tahun baru memainkan harga di pasaran.

Menurut Bupati Situbondo, Karna Suswandi, ada beberapa harga kebutuhan pokok naik namun masih stabil. Untuk sayur mayur harga cabai rawit masih terus melonjak naik hingga mencapai Rp. 75 ribu hingga Rp. 90 ribu. Bahkan di beberapa pasar tradisional harganya ada yang mencapai Rp. 100 ribu.

“Yang mengalami kenaikan cukup signifikan adalah harga cabai rawit. Kenaikan harga cabai rawit banyak di pengaruhi faktor cuaca di musim penghujan,” ujarnya, ditemui usai blusukan ke pasar panji, Kamis, 23 Desember 2021.

BACA JUGA :  Setiap Hari Puluhan Warga Padati Lokasi Paralayang di Jatibanteng

Karna Suswandi menambahkan, meski ada beberapa harga kebutuhan naik namun masih tahap stabil. Selain itu, stok barang kebutuhan pokok juga tidak ada yang langka di pasaran. Oleh karena itu, ia memastikan stok pangan aman menjelang natal dan tahun baru.

“Ada beberapa yang naik tapi masih stabil. Tadi para pedagang juga menyampaikan kenaikannya masih wajar dan stok barangnya juga cukup,” ujarnya.

Berdasarkan pantauan di sejumlah pasar tradisional, harga telur ayam boiler naik menjadi Rp. 33.000 dari sebelumnya Rp. 26.000. Sedangkan harga daging sapi super masih stabil Rp. 110.000 dan harga daging ayam ras juga stabil Rp. 33.000 per kilogramnya.

Reporter: Zaini Zain