Ceramah Hikmah Pada Haul Majemuk Khusus Santri

0
68
bhasafm
Pengasuh Ponpes Sukorejo KHR. Ach. Azaim Ibrahimy didampingi Wakil Pengasuh Bidang Ilmiah Doktor KH Afifuddin Muhajir pada Haul Majemuk Khusus santri di Masjid Jamik Ibrahimy Sukorejo (foto: Tim Salaf)

Situbondo- Pengasuh ponpes Sukorejo Kyai Haji Raden Achmad Azaim Ibrahimy berkenan memberikan ceramah hikmah pada kegiatan haul majemuk khusus santri  putra, di Masjid Jamik Ibrahimy. Santri putra yang dimaksudkan adalah seluruh santri baik asrama pusat maupun cabang.

Kyai Haji Raden Achmad Azaim Ibrahimy menyampaikan bahwa masjid adalah tempat yang menjadi pusat turunnya berkah, untuk itu fisik kita yang iktikaf harus diikuti dengan hati kita yang iktikaf juga. Santri adalah tanaman pondok pesantren yang dihiasi dengan kalimat yang baik, dihiasi dengan ilmu, dan akhlak yang diharapkan bisa dipanen, bermanfaat bagi seluruh masyarakat. Ponpes Sukorejo ibarat pohon besar. Para almarhumain pendiri, Pengasuh ponpes Sukorejo adalah akar dari pohon itu. sedangkan santri, Alumni Ponpes Sukorejo adalah batang, ranting, daun, bunga, dan buah dari pohon itu. Sehingga para santri, dan alumni itu harus menjaga sambungan silaturahim dengan ponpes Sukorejo, dengan para almarhumain pendiri, pengasuh ponpes Sukorejo.

BACA JUGA :  Tak Penuhi Target 50 Persen Cakupan Vaksin, PPKM Akan Diperketat Lagi di Situbondo

Kyai Azaim juga menyampaikan bahwa santri, dan alumni ponpes Sukorejo punya kewajiban merawat, dan menjaga fasilitas milik ponpes Sukorejo. Santri, dan alumni harus bisa menjaga akhlak pada para guru, agar keberkahan ilmunya tidak berkurang, khawatir dicabut oleh Allah SWT.