KPU Kabupaten Situbondo Melantik 408 Panitia Pemungutan Suara (PPS)

0
93
bhasafm
Prosesi Pelantikan Panitia Pemungutan Suara (PPS)

Situbondo- Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Situbondo, Marwoto, menekankan kepada 408 panitia pemungutan suara (PPS) yang baru saja dilantik, untuk bekerja sesuai dengan regulasi, tepat, dan lugas, serta berintegritas. Sehingga pemimpin yang terpilih adalah pemimpin yang berkualitas.

bhasafm
Prosesi Pelantikan Panitia Pemungutan Suara (PPS) Dihadiri Bupati Situbondo Karna Suswandi

Kata Marwoto, pelantikan terhadap ratusan anggota PPS ini, merupakan amanat Peraturan KPU Nomor 8 tahun 2022 tentang Pembentukan dan Tata Kerja Badan Adhoc Penyelenggara Pemilihan Umum dan Pemilihan Gubernur Wakil Gubernur,Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota.

Usai dilantik, anggota PPS ini diminta untuk segera berkoordinasi dengan kepala desa, perangkat desa dan tokoh masyarat setempat. Karena setelah ini mereka akan melakukan penataan panitia pendaftaran pemilih (Pantarlih). Sebab daftar pemilih tetap atau DPT akan turun dalam waktu dekat.

Sementara itu, Bupati Situbondo, Karna Suswandi berharap agar para anggota PPS melaksanakan tugas secara profesional dan berintegritas, sehingga terwujud Pemilu berintegritas, yang akan berdampak terhadap terpilihnya pemimpin yang berkualitas, sesuai dengan harapan bangsa Indonesia pada umumnya, dan Situbondo pada khususnya.

BACA JUGA :  Kondisi Mengantuk, Mobil Travel Alami Kecelakaan Di Hutan Baluran

Kata bupati, tugas PPS sangatlah berat karena merupakan penyelenggara pemilu di tingkat desa dengan jumlah ribuan hak pilih di setiap desa. Oleh karenanya, kerjasama yang apik harus terjalin dengan kepala desa, tokoh masyarakat, dan lainnya, demi suksesnya pemilihan umum yang langsung, umum, bebas, rahasia, serta jujur dan adil.

Perlu diinformasikan, bahwa Pemilu 2024 selain memilih presiden, DPR, dan DPD pada bulan Februari, masyarakat pemilih juga akan memilih bupati dan wakil bupati pada bulan November. Adapun jumlah hak pilih di Situbondo sekitar 500 ribu lebih. Pemilih ini akan disebar ke 2.232 tempat pemungutan suara (TPS).