Pemkab Alokasikan Anggaran Rp. 16 Miliar Untuk Bantu Pupuk Gratis Petani

0
80
bhasafm
Bupati Situbondo Karna Suswandi saat sosialiasi program pembangunan 2022 (Foto oleh Zaini Zain)

Situbondo- Pemkab Situbondo mengalokasi anggaran bantuan pupuk urea gratis sekitar Rp. 16 miliar. Alokasi anggaran bantuan pupuk gratis ini lebih besar dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya sekitar Rp. 13 miliar.

Menurut Bupati Situbondo, Karna Suswandi, bantuan pupuk gratis ini akan diberikan kepada 21 ribu 631 petani di Situbondo.  Pemkab mengalokasi bantuan pupuk urea gratis guna meringankan beban petani di tengah kelangkaan pupuk.

“Bantuan pupuk urea ini diharapkan dapat membantu petani karena biaya produksi bercocok tanam akan berkurang,” ujar Karna Suswandi.

Karna Suswandi menambahkan, bantuan pupuk gratis ini akan diberikan kepada petani kecil yang memiliki luas lahan 0,4 hektar. Tahun lalu, bantuan pupuk gratis hanya diberikan kepada petani yang memiliki luas lahan 0,2 hektar.

BACA JUGA :  Pemkab Keluarkan Anggaran Rp. 900 Juta Perbaiki Jalan Rusak Akibat Tambang, Komisi III Minta Tindak Penambang Ilegal

“Bantuan pupuk gratis ini untuk petani kecil dengan kriteria luas lahan 04 hektar. Bantuan ini merupakan tahun kedua dilakukan saya,” ujarnya

Karna Suswandi menjelaskan, bahwa anggaran Rp. 16 miliar untuk bantuan pupuk gratis bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU) dan DBHCT atau Dana Bagi Hasil Cukai Tembakau. Pembagian pupuk gratis ini akan dilakukan sekitar Oktober 2022 mendatang.

“Penerima bantuan pupuk gratis ini adalah mereka yang sudah terdaftar melalui RDKK seperti tahun sebelumnya. Hanya saja jangkauan penerima bantuan lebih banyak,” sambungnya.

Reporter: Zaini Zain