Peringatan Hari Air Dinas PUPR Tanam 1000 Pohon dan Tebar 1000 Ikan di Sungai

0
74
bhasafm
Wakil Bupati Situbondo Ny. Hj. Khorani menanam bibit pohon saat acara peringatan hari air dunia di dam pintu lima (Foto oleh Zaini Zain)

Situbondo- Memperingati hari air se dunia, Dinas PUPR Pemkab Situbondo menanam 1000 pohon dan menebar 1000 ikan nila dan lele di aliran sungai sampean baru dam pintu lima Desa Kotakan, Kecamatan kota Situbondo, Rabu pagi kemarin.

Peringatan hari air se dunia juga diawali dengan kegiatan virtual bersama Kementerian PUPR yang di pusatkan di Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Wakil Bupati Situbondo Ny. Hj. Khoirani yang menghadiri acara ini mengajak masyarakat menanam pohon untuk menjaga ekosistem alam termasuk pemenuhan kebutuhan air.

CAR FREE DAY

Menurut Wabup, melalui peringatan hari air se dunia Pemkab ingin kebutuhan air masyarakat Situbondo tercukupi termasuk untuk lahan pertanian. Ketersediaan air yang cukup akan menjaga produktivitas lahan pertanian.

BACA JUGA :  Kiai Azaim Lepas Ribuan Peserta Gowes “Jatim Damai 2002”

Karena itu kata Wabup, Pemkab tahun ini mengalokasikan anggaran sebesar Rp. 53 miliar lebih untuk membangun saluran irigasi pertanian. Pembangunan insftrastruktur saluran irigasi tersebut sangat diperlukan agar kemanfaatan air bisa dirasakan para petani.

“Saya harap pasokan air tercukupi, terutama untuk pertanian,” ujar Wabup Khorani usai mengikuti acara Hari Air se Dunia ke 30 di Dam Pintu Lima, Rabu 30 Maret 2022.

Lebih jauh Wabup menambahkan, salah satu upaya mempertahankan pasokan air yang cukup, diperlukan memperbanyak menanam pohon, sehingga kandungan air di bawah tanah semakin banyak.

“Hari ini Dinas PUPR menanam 1000 pohon dan gerakan semacam ini harus juga diikuti masyarakat,” tuturnya.

Reporter: Zaini Zain