Rayen Pono Mengusung Kearifan Lokal di Single Baru Cinta dari Timur

0
46
Rayen Pono - Cinta dari Timur

Semesta Records – Penyanyi dan pencipta lagu Rayen Pono hadir kembali untuk memanjakan telinga melalui single terbarunya, “Cinta dari Timur”. Lagu yang ditulis sendiri oleh Rayen dan diproduseri olehnya bersama Alden Luhukay serta dibantu Dawairama sebagai co-producer ini akan diedarkan Semesta Records ke kanal-kanal digital mulai 17 Juni 2022, disertai video musik arahan sutradara Idho Aruan.

Menariknya, “Cinta dari Timur” bukan sekadar lagu cinta biasa. “Lagu ini secara umum bisa bicara tentang kecintaan terhadap seseorang, terhadap sesuatu. Cuma akhirnya judulnya menjadi ‘Cinta dari Timur’ karena secara konkret di dalamnya ada lirik Pulau Sumba, Pantai Raja Ampat dan Laut Banda yang mewakili Nusa Tenggara Timur, Papua dan Maluku. Jadi lagu ini berangkat dari rasa kecintaan terhadap identitas gue dari Indonesia Timur,” kata Rayen yang memang berdarah NTT dan Maluku. “Gue mau mencoba mengembalikan narasi local wisdom itu ke dalam karya gue ini.”

bhasafm
space iklan_2

Lagu “Cinta dari Timur” sendiri sudah ditulis oleh Rayen sejak tahun 2018. “Prosesnya terjadi secara natural, mengalir banget. Mungkin karena rasa cinta mendalam terhadap identitas itu,” kata Rayen, yang sebelumnya pernah menciptakan lagu-lagu hits seperti “Tanya Hati”. Sedangkan proses rekamannya baru berlangsung pada awal 2022, dan memberi kesempatan bagi Rayen untuk semakin menekankan identitasnya “Musik Indonesia Timur kan perkusinya ada banyak, ada tifa dan lain-lain. Jadi gue memasukkan beberapa unsur perkusi neo-tradisi,” katanya.

BACA JUGA :  St.loco Kembali dengan merilis single berjudul “Nirmala”

Hal lain yang membuat “Cinta dari Timur” istimewa adalah ini merupakan karya pertama Rayen yang dirilis oleh Semesta Records, perusahaan rekaman yang didirikan Rian Ekky Pradipta, penyanyi dan pencipta lagu yang juga dikenal sebagai vokalis D’Masiv. “Bekerja sama dengan Semesta sebenarnya berawal dari persahabatan gue sama Rian. Kami mengobrol, gue merasa frekuensinya ketemu, dan akhirnya gue bersedia bergabung.

Jadi sinergi yang sudah gue dan Semesta lakukan itu luar biasa banget,” kata Rayen yang belum lama ini juga bertindak sebagai pengarah vokal di album terbaru D’Masiv, Time. Melalui Semesta Records pula, di tahun 2022 ini Rayen akan merilis album penuh yang segera rampung. “Mudah-mudahan sinergi ini bisa terus berlangsung, dan gue bisa kembali ke posisi yang kami sama-sama mau,” katanya.