Siapkan Bibit Padi Unggulan, Bupati Situbondo Ingin Para Petani Sejahtera

0
83
Bupati Situbondo Karna Suswandi saat melihat uji coba bibit BK700 di Kecamatan Kapongan Foto: Zaini Zain

Situbondo- Bupati Situbondo Karna Suswandi mengaku sedang menyiapkan bibit padi unggulan untuk meningkatkan kesejahteraan petani. Setelah melakukan uji coba bibit padi BK700, kali ini Bupati yang akrab dipanggil Bung Karna itu akan melakukan uji coba BK900.

Uji coba bibit padi BK900 ini merupakan penyempurnaan dari bibit padi BK700. Tak tanggung-tanggung, Bupati menyiapkan lahan seluas 20 hektar untuk uji coba BK900.

Menurut Bung Karna, kedepan petani Situbondo harus punya bibit padi unggul yang dapat meningkatkan kesejahteraan petani. Bibit padi BK900 memiliki banyak keunggulan dibandingkan BK700, salah satunya memiliki 900 bulir setiap tangkainya.

“Kita uji coba di lahan 20 hektar dulu. Kalau proses uji coba hasilnya bagus akan diproduksi secara massal untuk bibit para petani,” katanya, saat bertemu dengan petugas lapangan Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan.

BACA JUGA :  Bung Karna Jadi Narasumber Seminar “Indeks Inovasi Daerah” Balitbang Kemendagri

Bung Karna menambahkan, dirinya sangat serius ingin punya bibit padi unggukan di Situbondo. Melalui bibit unggulan tersebut Kabupaten bukan hanya menjadi lumbung swasembada pangan, melainkan akan mampu meningkatkan kesejahteraan bagi para petani itu sendiri.

“Kalau hasil panen padinya dua kali lipat lebih banyak maka secara otomatis penghasilan petani akan meningkat. Tentu ini menjadi harapan kita semua,” tuturnya.

Reporter: Zaini Zain