Status Orange, Satgas Situbondo Kendalikan Sebaran Covid-19 Melalui PPKM dan Vaksinasi

0
91
bhasafm
Sekretaris Daerah Pemkab Situbondo, Syaifullah (Foto: Zaini Zain)

Situbondo- Penyebaran Covid-19 di Situbondo masuk zona orange  atau resiko sedang. Jumlah sebaran Covid-19 Kabupaten Situbondo berada di urutan 23 se Jawa Timur. Saat ini, memang ada lonjakan pasien baru dan hanya ada empat Kabupaten di Jatim berstatus zona kuning atau resiko sedang.

Menurut Sekretaris Daerah Pemkab Situbondo, Syaifullah, Satgas bergerak cepat untuk mengendalikan penyebaran Covid-19. Selain menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro, Satgas juga menekan mobilitas keluar masuk masyarakat ke Situbondo, salah satunya melalui tes antigen di sejumlah pelabuhan.

Syaifullah menegaskan, saat ini Satgas menggalakan vaksinasi untuk pengendalian Covid. Sesuai perintah Bupati Karna Suswandi, petugas vaksinator diminta turun langsung ke desa-desa melibatkan RT dan RW untuk mempercepat vaksinasi.

“Sebaran Covid-19 di Kabupaten  Situbondo berada di urutan 23 se Jatim. Secara nasional memang ada lonjakan pasien baru dan Situbondo masuk zona orange di Jatim,” terangnya, Kamis, 17 Juni 2021.

BACA JUGA :  Cerita KH.Muhammad Nasrullah, Warga Tionghoa Yang Diislamkan Kiai As’ad

Syaifullah mengaku, untuk capaian vaksinasi sudah ada 40 ribuan warga selesai di vaksin. Untuk vaksin tahap satu ada sekitar 30 ribuan, sedangkan vaksin tahap dua atau masyarakat yang sudah selesai divaksin dua kali mencapai 16 ribuan.

“Bupati meminta agar vaksinasi tak hanya dilakukan di puskesmas tapi turun langsung ke desa-desa. Alhamdulillah, vaksinasi berjalan lancar dan masyarakat cukup antusias mengikuti vaksin,” terangnya

Dijelaskan, untuk stok pengadaan vaksin disesuaikan dengan  target sasaran. Setiap bulannya ada target sasaran yang harus dicapai, seperti  untuk pelayan publik, lansia, masyarakat rentan dan masyarakat umum.

“Stok vaksin aman dan Situbondo menggunakan vaksin Sinovac. Masyarakat juga dihimbau tetap mematuhi prokes agar penyebaran Covid segera dikendalikan dan Situbondo kembali jadi zona kuning atau bahkan hijau,” tuturnya.

Reporter: Zaini Zain